Profil Rektor Unair: Menjabat 2 Periode Kini Diisukan Pecat Dekannya Gegara Beda Pendapat Soal Dokter Asing
Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Mohammad Nasih. (Dok. Universtias Airlangga)
13:19
4 Juli 2024

Profil Rektor Unair: Menjabat 2 Periode Kini Diisukan Pecat Dekannya Gegara Beda Pendapat Soal Dokter Asing

 Profil Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. Mohammad Nasih, menarik perhatian publik karena perbedaan pendapatnya dengan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unair, Prof. Budi Santoso, mengenai dokter asing yang berujung pada pemecatan Prof. Budi.

Prof. Budi Santoso mengkonfirmasi perbedaan pendapat ini dalam keterangannya kepada media baru-baru ini. Menurutnya, ia dipanggil dan diberhentikan karena keras menolak kedatangan dokter warga negara asing (WNA) untuk bekerja di Indonesia.

"Iya. Iya. Proses saya untuk dipanggil berkaitan dengan itu (tolak dokter asing), karena rektor pimpinan saya dan ada perbedaan pendapat dan saya dinyatakan berbeda ya keputusan beliau, ya diterima," ujar Prof. Budi kepada awak media.

"Tapi kalau saya menyuarakan hati nurani. Saya pikir kalau semua dokter ditanya apa rela ada dokter asing saya yakin jawabannya tidak," lanjutnya.

Baca Juga: Eks Wakil Rektor UI jadi Koruptor, KPK Lelang Ruko Milik Tafsir Nurchamid di Margonda Depok: Limitnya Rp1,2 Miliar

Salah satu yang menjadi sorotan, proses pemecatan Prof. Budi Santoso berlangsung cukup cepat. Tak main-main, pemecatan itu terjadi hanya berselang dua hari sejak pemanggilannya ke hadapan rektor.

"Saya dipanggil hari Senin (1 Juli), keputusannya (dipecat) hari Rabu (3 Juli 2024) ini," terangnya.

Profil dan sepak terjang Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih

Prof. Dr. Budi santoso, dr., sp.OG, (K). [fk.unair.ac.id]Prof. Dr. Budi santoso, dr., sp.OG, (K). [fk.unair.ac.id]

Prof. Muhammad Nasih merupakan bagian dari management office Universitas Airlangga. Ia memiliki pendidikan terakhir S3 di Universitas Airlangga. Saat ini ia sudah memiliki gelar Doktor Ilmu Akuntansi.

Sebelumnya, ia lebih dulu menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di Universitas Airlangga. Lalu melanjutkan ke sekolah magister (S2) di  Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga: Perintah Jokowi, Unri Akhirnya Batalkan Kenaikan UKT

Menurut situs resmi Unair, disebutkan Prof. Muhammad Nasih sebelum menjadi rektor Unair selama dua periode yakni 2015 hingga 20220 dan 2020 hingga 2025 mendatang, ia lebih dulu menjabat sebagai Direktur Keuangan UNAIR di 2007 hingga 2010.

Kemudian rof. Muhammad Nasih menjadi Ketua Program Doktor Ilmu Ekonomi Islam di 2011 hingga 2015, lima tahun berikutnya menduduki posisi Wakil Rektor II UNAIR, hingga akhirnya menjabat sebagai rektor selama dua periode.

Sebagai akademisi di bidang akuntansi, Prof Nasih aktif mengikuti beberapa organisasi profesi, seperti Masyarakat Ekonomi Islam (MES), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Pakar Ekonomi Islam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (IAEI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), dan masih banyak lainnya. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #profil #rektor #unair #menjabat #periode #kini #diisukan #pecat #dekannya #gegara #beda #pendapat #soal #dokter #asing

KOMENTAR