Manfaat Aloe Vera Tak Hanya Untuk Kulit, Ternyata Juga Bisa Bikin Pakaian Jadi Lembut
Aloe vera atau lidah buaya. (Shutterstock)
11:06
2 Juli 2024

Manfaat Aloe Vera Tak Hanya Untuk Kulit, Ternyata Juga Bisa Bikin Pakaian Jadi Lembut

Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia. Salah satu yang paling dikenal adalah manfaatnya untuk kecantikan, termasuk di antaranya melembapkan kulit kering, menenangkan kulit yang terbakar, hingga meningkatkan elastisitas kulit yang mulai menua.

Ternyata, manfaat aloe vera ini tak hanya untuk kecantikan saja. Tumbuhan dengan daun berdaging tebal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci pakaian, yaitu sebagai pelembut dan juga antibakteri atau antijamur.

Menurut dr. Tary Mantra, Sp.DVE, seorang dermatologist, komponen terbesar dalam aloe vera adalah air. Selain itu, aloe vera juga mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan berbagai enzim, serta senyawa penting seperti saponin dan antrakuinon.

"Dengan kandungannya yang sangat kompleks, aloe vera sering dikatakan sebagai tanaman dengan sejuta khasiat, baik itu untuk kulit bahkan pakaian," kata dr. Tary.

Baca Juga: Polusi Udara Meningkat, 4 Tanaman Ini Wajib Ada di Rumahmu

Dengan bermacam manfaatnya itu, aloe vera sudah sering digunakan di bidang kosmetik, farmasi, bahkan industri rumah tangga. Salah satunya adalah detergen untuk mencuci pakaian, seperti SoSoft 2in1 Detergen Tumbuhan plus Softener, yang merupakan detergen tumbuhan plus softener alami aloe vera pertama di Indonesia.

Selain mengandung bahan aktif tumbuhan sampai 90%, detergen ini juga dilengkapi dengan softener alami aloe vera yang mampu melembutkan pakaian, sehingga membuat pakaian jadi lembut dan lebih mudah disetrika.

Dikatakan dr. Tary, produk-produk dari bahan natural ini, terutama pada deterjen, bisa jadi jawaban bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

“Tingkat toleransi kulit setiap orang berbeda-beda untuk beberapa bahan-bahan chemical pada produk detergen. Terkadang, kulit juga bisa jadi lebih sensitif dengan bahan-bahan ini, entah itu karena perubahan hormon atau lain sebagainya, walau mungkin sebelumnya biasa saja. Maka dari itu, produk-produk dari bahan natural dari tumbuhan dengan kandungan tanpa klorin, paraben, maupun LABSA bisa menjadi pilihan untuk kulit yang sedang sensitif,” katanya.

Dan tak hanya melembutkan pakaian, detergen dengan kandungan aloe vera juga bisa jadi solusi bagi ibu-ibu yang sering mengeluhkan pakaiannya berbau apek meski baru dicuci. Hal ini sering terjadi pada pakaian yang tidak benar-benar kering, sehingga menjadi sarang bagi bakteri dan jamur.

Baca Juga: 4 Tips Menanam Lidah Buaya yang Bisa Dilakukan di Rumah

Aloe vera sendiri mengadung bahan aktif yang bersifat antijamur, yaitu saponin.

"Saponin ini merupakan kandungan utama sebagai anti bakteri dan anti jamur," pungkas dr. Tary.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #manfaat #aloe #vera #hanya #untuk #kulit #ternyata #juga #bisa #bikin #pakaian #jadi #lembut

KOMENTAR