Berseteru dengan Rhoma Irama, Habib Bahar Tak Kompromi Soal Tarif Ceramah
Bahar bin Smith menghadiri Reuni Mujahid 212 yang digelar di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Jumat (2/12/2022). (Suara.com/Yaumal Asri)
20:40
26 Juni 2024

Berseteru dengan Rhoma Irama, Habib Bahar Tak Kompromi Soal Tarif Ceramah

Habib Bahar bin Smith dikenal sosok penceramah yang memiliki watak dan karakter keras. Ceramah-ceramahnya kerap jadi sorotan publik dan viral.

Pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara ini rajin berdakwah di setiap kesempatan. Di acara Maulid Nabi Muhammad dan Isra Miraj, Habib Bahar kerap diundang untuk mengisi ceramah.

Meski rajin berdakwah, Habib Bahar bisa tersulut emosinya jika ia ditanya soal tarif. Bahar bin Smith tegaskan bahwa ceramah merupakan kewajibannya bukan pekerjaan.

Ia tegaskan tidak pernah mematok tarif ceramah. Habib Bahar pun menantang jika ada yang merasa dipatok harga saat mengundangnya untuk ceramah.

Baca Juga: Rhoma Irama

"Tanya, siapapun yang pernah ngundang Bahar bin Smith, pernah tidak Bahar Bin Smith bilang kalau ngundang Bahar bin Smith harus sekian puluh juta, sekian belas juta, pernah tidak keluar kata kata itu?" ucap Habib Bahar seperti dikutip dari Youtube Pejuang Dakwah.

"Kalau ada yang bilang Habib Bahar Bin Smith pernah masang target ceramah, bawa kesini orangnya!" ucapnya dengan nada tinggi.

Lebih lanjut, Bahar bin Smith menjelaskan bahwa ia mengikuti anjuran Rasullah SAW untuk berdakwah bukan karena mengincar materi dunia.

"Ana pergi ke penjara, terus ana bilang pak tahan saya kalau memang ada Bahar bin Smith memasang target untuk dakwah. Karena bagi ana dakwah itu bukan suatu pekerjaan. Sudah berkali kali ana bilang, dakwah itu kewajiban." tegasnya.

Bahar bin Smith dan Rhoma Irama tengah jadi sorotan publik. Keduanya berseteru lantaran status nasab habib.

Baca Juga: Bukan Rhoma Irama, Sosok Ini Berani Bilang Bahar bin Smith Ulama Gadungan

Habib Bahar lewat akun sosial media miliknya merespon dengan keras pernyataan dari Rhoma Irama.

Raja dangdut itu sebelumnya mempertanyakan perihal sosok habib yang memiliki perangai buruk. Rhoma menceritakan soal pengalamannya di masa muda.

Rhoma mengatakan ia pernah mendengar seorang habib menyampaikan dalam sebuah ceramah, seorang anak habib yang melakukan banyak perbuatan dosa sebaiknya tidak disakiti atau diomeli, karena ia tetap adalah ahli surga.

Rhoma Irama menyampaikan bahwa ia tak setuju dengan isi ceramah tersebut. Pernyataan dari Rhoma ini kemudian berbuntut panjang dan mendapat sanggahan keras dari Habib Bahar.

“Rhoma Irama ngomong doktrin para habaib, doktrin baalwi, habib itu pasti walaupun maksiat masuk surga,” kata Habib Bahar bin Smith, seperti dikutip dari tayangan Youtube Sayyid Bahar bin Smith.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #berseteru #dengan #rhoma #irama #habib #bahar #kompromi #soal #tarif #ceramah

KOMENTAR