Beda Pendidikan Habib Bahar bin Smith dan Rhoma Irama, Ada yang Pernah Belajar di Sekolah Katolik
Rhoma Irama, Habib Bahar bin Smith [kolase]
16:31
26 Juni 2024

Beda Pendidikan Habib Bahar bin Smith dan Rhoma Irama, Ada yang Pernah Belajar di Sekolah Katolik

Perdebatan soal nasab dan zuriah habib yang terjadi antara Habib Bahar bin Smith dan Rhoma Irama tengah menjadi perbincangan. Lewat salah satu ceramahnya, Habib Bahar bahkan mendesak Rhoma untuk tidak membuat fitnah.

“Rhoma Irama ngomong doktrin para habaib, doktrin ba’alawi, habib itu pasti walaupun maksiat masuk surga. Woi Rhoma Irama jaga kau punya mulut, jangan suka fitnah,” kata Habib Bahar dengan berapi-api, seperti dilihat di YouTube Shorts unggahan kanal @Viralindo11, Rabu (26/6/2024).

Hal ini membuat Habib Bahar dan Rhoma jadi dibandingkan oleh warganet, salah satunya dari aspek pendidikan yang pernah mereka tempuh. Menariknya, salah satu di antara mereka ternyata pernah menempuh pendidikan di sekolah Katolik.

Riwayat Pendidikan Habib Bahar bin Smith

Baca Juga: Lagi Viral Ribut dengan Bahar Bin Smith, Intip Latar Belakang Pendidikan Rhoma Irama

Habib Bahar bin Smith. [facebook]Habib Bahar bin Smith. [facebook]

Penceramah bernama lengkap Sayyid Bahar bin Ali bin Smith ini dilahirkan di Manado, Sulawesi Utara pada 23 Juli 1985. Habib Bahar bin Smith berasal dari keluarga Arab Hadhrami golongan Alawiyyin bermarga Aal bin Sumaith, dengan ayahnya bernama Sayyid Ali bin Alwi bin Smith dan ibunya bernama Isnawati Ali.

Meski dilahirkan di Manado, Habib Bahar diriwayatkan sudah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah Bangil, Pasuruan, Jawa Timur sejak kecil. Namun merujuk pada berbagai sumber, Habib Bahar tidak pernah menempuh pendidikan tinggi di bidang agama.

Berbekal ilmu agama dari pondok pesantren itulah Habib Bahar mulai menjadi penceramah, hingga mendirikan Paguyuban bernama Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin di Kemang, Kabupaten Bogor serta pemimpin dan pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Majelis Pembela Rasulullah yang berkantor cabang di Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Pendidikan Rhoma Irama

Rhoma Irama. (instagram.com/rhoma_official)Rhoma Irama. (instagram.com/rhoma_official)

Sedangkan Rhoma Irama merupakan salah satu pedangdut legendaris Tanah Air yang juga aktif menjadi penceramah, aktivis keagamaan, hingga politisi. Rhoma kerap menyampaikan sejumlah keresahannya, baik lewat lagu maupun podcast.

Baca Juga: Tak Cuma Rhoma Irama, UAS Pernah Bongkar Nasab Habib Bahar bin Smith: Panjang Kali Ceritanya...

Rhoma diriwayatkan pernah bersekolah di Sekolah Rakyat (SR) Kibono Manggarai Jakarta, kemudian dilanjutkan ke SMP Pondok 1 Jakarta. Setelah itu, Rhoma bersekolah di SMA Saint Joseph (SMA Santo Yosef) di Solo, lalu berkuliah di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta tetapi tidak diselesaikannya.

Pemilik nama Raden Irama itu mengaku musik-musiknya kerap dijadikan rujukan penelitian. Peneliti asing seperti doktor bidang Sosiologi Universitas Ohio Amerika Serikat,  William H Frederick, juga disebut-sebut pernah membuat riset tentang kekuatan popularitas dan pengaruh sang Raja Dangdut pada masyarakat.

Pada tahun 2005, Rhoma disebut menerima gelar Honoris Causa (Doktor Kehormatan / H.C.) di bidang dangdut dari American University of Hawaii. Namun pemberian gelar ini menuai kontroversi karena reputasi kampusnya yang banyak disangsikan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #pendidikan #habib #bahar #smith #rhoma #irama #yang #pernah #belajar #sekolah #katolik

KOMENTAR