Ternyata Jerome Polin Juniornya Sohibul Iman, Kuliah di Kampus Jepang yang Sama
Jerome Polin. (instagram/jeromepolin)
14:22
26 Juni 2024

Ternyata Jerome Polin Juniornya Sohibul Iman, Kuliah di Kampus Jepang yang Sama

Sosok Sohibul Iman jadi sorotan publik setelah diusung sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Tapi banyak yang tidak tahu, Ketua Umum PKS ini ternyata senior YouTuber Jerome Polin di salah satu universitas Jepang loh.

Riwayat pendidikan Sohibul Iman dikuliti publik karena digadang-gadang bakal mendampingi Anies Baswedan kembali memimpin DKI Jakarta, jika terpilih dalam Pilkada 2024 mendatang.

Selain sama-sama pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina, Anies dan Sohibul juga memiliki riwayat pendidikan yang tidak sembarang, karena keduanya sudah menyelesaikan pendidikan S3 alias sudah memiliki gelar doktor.

Berbeda dengan Anies Baswedan yang meraih pendidikan S2 dan S3-nya di kampus Amerika Serikat. Sohibul Iman justru menyelesaikan pendidikan S1, S2 dan S3 di Jepang, setelah sebelumnya menjalani kuliah tiga semester S1 di Institut Pertanian Bogor (ITB).

Baca Juga: Resmi! PKS Usung Pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024

Sohibul tidak berhasil lulus S1 di ITB, karena lebih dulu mendapatkan penawaran beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di Jepang dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL).

Hasilnya Sohibul Iman pindah ke Universitas Waseda, Jepang dan berhasil lulus sebagai sarjana teknik (S1) pada 1992. Nah, siapa sangka universitas ini juga tempat YouTuber ahli matematika, Jerome Polin menyelesaikan pendidikan S1-nya loh.

Jerome Polin merupakan YouTuber yang namanya meroket karena kerap membagikan kesehariannya selama tinggal di Jepang untuk berkuliah. Ia juga terkenal pintar matematika, sehingga tidak jarang membagikan tips dan trik menyelesaikan berbagai soal matematika yang ditanyakan para pengikutnya.

Kisah Jerome Polin ini juga tidak sedikit yang membuat anak muda terpacu, untuk bisa tinggal di Jepang dan mendapatkan beasiswa di luar negeri. Menariknya, universitas yang kerap dibagikan Jerome ternyata tempat Sohibul Iman bersekolah.

Bahkan Jerome dan Sohibul Iman memiliki gelar yang sama loh, yaitu Bachelor of Engineering atau Sarjana Teknik. Hanya saja angkatan Jerome Polin dan Sohibul Iman cukup berjauhan, karena sebagai lulusan 2012 dan 1992.

Baca Juga: Sebut Wajar PKS Usung Sohibul Iman Di Pilkada DKI, Eriko PDIP: Tapi Belum Tentu Sampai Akhir

Pendidikan Sohibul Iman terus berlanjut, karena ia kembali mengambil jenjang S2 di Tokushoku University Tokyo dengan jurusan yang sama, dan berhasil meraih gelar Magister Teknik pada 1994

Selanjutnya lelaki berusia 58 tahun ini juga kembali bersekolah S3 atau doktoral. Mantan anggota DPR RI itu berhasil meraih gelar Ph.D dari kampus bergengsi, yakni JAIST Jepang pada 2004.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #ternyata #jerome #polin #juniornya #sohibul #iman #kuliah #kampus #jepang #yang #sama

KOMENTAR