Cek Khodam Ramai Digandrungi, Ini Hukum Khodam dalam Islam: Tertuang di Surat Al Jin
Game cek khodam. (Dok. check-your-khodam.vercel)
20:19
25 Juni 2024

Cek Khodam Ramai Digandrungi, Ini Hukum Khodam dalam Islam: Tertuang di Surat Al Jin

Sudahkah Anda ikut meramaikan tren cek khodam yang sedang ramai? Akhir-akhir ini, media sosial, khususnya TikTok sedang ramai dengan tren cek khodam melalui layanan live yang disediakannya.

Untuk mengetahui khodam dalam diri Anda, Anda cukup menuliskan nama saja. Dari situ, orang yang mengaku bisa membaca khodam tersebut akan menyebutkan jenis khodam apa yang adalah dalam diri Anda.

Namun, bagaimana sebenarnya hukum mencari tahu khodam dalam Islam? Apakah ini merupakan hal yang boleh dilakukan? Simak lasan berikut untuk tahu jawabannya.

Apa itu khodam?

Baca Juga: Cara Pakai Filter Cek Khodam di TikTok, Langsung Keluar Hasilnya

Khodam adalah istilah dalam spiritualitas atau metafisika yang merujuk kepada entitas atau energi halus yang diyakini dapat membantu seseorang dalam berbagai hal, seperti perlindungan, keselamatan, kesehatan, atau pencapaian tujuan tertentu.

Selama ini, khodam sering dikaitkan dengan tradisi mistik atau kepercayaan spiritual di berbagai budaya dan dapat dianggap sebagai penjaga atau pembimbing gaib yang memberikan bantuan atau perlindungan kepada individu yang meminta atau membutuhkannya.

Dalam Islam, khodam kerap digambarkan sebagai jin. Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua jin baik. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Q.S Al-Jin berikut.

“Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan pada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan,” (QS. Al Jin ayat 6).

Apakah dalam Islam boleh percaya khodam?

Baca Juga: 3 Filter TikTok Cek Khodam hingga Pendamping, Tinggal Pilih yang Mana

Seseorang yang percaya khodam berarti bahwa mereka percaya ada makhluk ghaib yang bisa membantunya dalam kesulitan.

Kepercayaan inilah yang membuat perilaku cek khodam dikhawatirkan menimbulkan syirik. Pasalnya, kita sebagai muslim seharusnya menyadari bahwa segala pertolongan hanya berasal dari Allah SWT.

Jadi, alih-alih meminta pertolongan pada khodam, Anda seharusnya meminta pertolongan pada Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penolong.

Namun, jika khodam tersebut tidak membuat Anda melupakan syariat Islam dan menimbulkan dharar (perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain), maka sah-sah saja bagi Anda untuk memilikinya. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam buku Kumpulan Tanya Jawab Keagamaan oleh Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #khodam #ramai #digandrungi #hukum #khodam #dalam #islam #tertuang #surat

KOMENTAR