3 Cara Nikmati Petualangan Seru di Samigaluh Kulon Progo, Wajib Main ke Kebun Teh!
Seorang wisatawan belajar cara memetik teh bersama petani setempat di Kebun Teh Tritis, Samigaluh, Kulon Progo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)
16:19
24 Juni 2024

3 Cara Nikmati Petualangan Seru di Samigaluh Kulon Progo, Wajib Main ke Kebun Teh!

Kabupaten Kulon Progo di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak destinasi wisata yang terlalu sayang dilewatkan. Keindahan pemandangan alam yang masih asri dan eksotis tidak pernah gagal menarik atensi.

Salah satu wilayah yang seru dijelajahi adalah Samigaluh. Lokasinya di perbukitan Menoreh yang menjadi pagar sisi barat Yogyakarta.

Samigaluh sendiri mempunyai banyak obyek wisata yang semakin populer di kalangan pelancong. Mau coba jalan-jalan sambil berpetualangan di sana? Berikut rekomendasi Suara.com.

Kebun Teh Tritis

Baca Juga: Fasilitasnya Semakin Lengkap, MORAZEN Yogyakarta Bikin Tamu Ingin Berlama-lama Menginap

Indahnya pemandangan di Kebun Teh Tritis, Samigaluh, Kulon Progo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)Indahnya pemandangan di Kebun Teh Tritis, Samigaluh, Kulon Progo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)

Samigaluh terkenal dengan hamparan kebun teh yang hijaunya memanjakan mata. Ada beberapa destinasi yang bisa jadi pilihan, salah satunya Kebun Teh Tritis.

Kebun Teh Tritis berlokasi di Desa Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Selain tea walking alias jalan-jalan berkeliling di area kebun teh, kamu juga bisa belajar cara pengolahan daun teh menjadi minuman menyehatkan.

Sebelum menikmati minuman teh hasil produksi warga setempat, pengunjung akan diajak memetik daun teh sendiri. Setelahnya, akan diperlihatkan bagaimana daun teh tersebut diproses secara tradisional. Jangan lupa beli teh sangrai untuk oleh-oleh.

Puncak Widosari

Serunya mengunjungi Puncak Widosari yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kulon Progo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)Serunya mengunjungi Puncak Widosari yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kulon Progo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)

Kamu suka wisata hiking? Jika iya, jangan lewatkan keseruan mendaki Puncak Widosari di Dusun Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Lokasinya tidak jauh dari Kebuh Teh Tritis sehingga bisa sekalian dikunjungi pada hari yang sama.

Baca Juga: Dari Petualangan Ekstrem Hingga Wisata Medis, Ini 5 Tipe Liburan Anti Mainstream Anti Stres!

Destinasi ini adalah titik tertinggi dari Bukit Widosari. Sekilas puncaknya tampak seperti kepala manusia dengan adanya bagian yang menyerupai mata, hidung, dan mulut.

Gunakan sepatu yang nyaman saat mengunjungi destinasi wisata ini. Kamu juga harus menyiapkan tenaga untuk menaiki 240 anak tangga menuju Puncak Widosari.

Tidak perlu buru-buru, pengunjung bisa mendaki sesuai kemampuan sambil menikmati pesona hamparan perbukitan Menoreh. Begitu sampai puncak, rasa lelah akan terbayar indahnya panorama yang disajikan. Selain berfoto di gardu pandang, pengunjung juga bisa menikmati megahnya pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan.

Sawah Aking

Menikmati sajian nasi liwet di Sawah Aking, Kulonprogo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)Menikmati sajian nasi liwet di Sawah Aking, Kulonprogo, DIY, Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)

Setelah mendaki Puncak Widosari dan jalan-jalan di Kebun Teh Tritis, saat mengisi ulang energi dengan menyantap hidangan lezat.

Beranjak dari Samigaluh, kamu bisa menuju wilayah Pengasih untuk menikmati kelezatan nasi liwet ala Sawah Aking. Sesuai namanya, pengunjung benar-benar akan mendapat pengalaman makan nasi liwet lengkap dengan aneka sayur dan lauk-pauk di tengah sawah.

Editor: Rima Sekarani Imamun Nissa

Tag:  #cara #nikmati #petualangan #seru #samigaluh #kulon #progo #wajib #main #kebun

KOMENTAR