Isi Petisi Tolak Beach Club Raffi Ahmad di GunungKidul: Template Viral, Dibuat Raafi
Raffi Ahmad ketika mengunjungi lokasi rencana pembangunan beach club-nya di Gunungkidul (Instagram/@raffinagita1717)
14:05
11 Juni 2024

Isi Petisi Tolak Beach Club Raffi Ahmad di GunungKidul: Template Viral, Dibuat Raafi

Belakangan ini muncul petisi menolak pembangunan resort Raffi Ahmad di GunungKidul. Diketahui Raffi Ahmad memang berencana membangun resort yang nantinya akan ada sebuah beach club di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. 

Namun sayangnya bangunan resort suami Nagita Slavina itu akan berdiri di lahan konservasi atau kawasan lindung geologi yang berdampak bisa merusak lingkungan. Yuk simak isi petisi tolak resort Raffi Ahmad di Gunungkidul berikut ini.

Jadi Template Viral di Instagram

Template viral Petisi tolak pembangunan resort Raffi Ahmad di Gunungkidul [Instagram]Template viral Petisi tolak pembangunan resort Raffi Ahmad di Gunungkidul [Instagram]

Reaksi penolakan pembangunan resort Raffi Ahmad ramai digaungkan di media sosial. Bahkan kini penolakan resort Raffi ini sudah jadi template viral di akun Instagram. Salah satunya yang diunggah oleh akun @zainalarifinmochtar. 

Di situ dijelaskan bahwa lokasi resort Raffi yang berada Pantai Krakal berada di dalam Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunung Sewu Bagian Timur yang merupakan kawasan lindung geologi. 

Baca Juga: Di-Spill Warganet! 2 Sekolah Gercep Private IG, Imbas Viral ABG Tertawai Derita Anak Palestina

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) pun telah mengingatkan pembangunan resort Raffi itu dapat berdampak merusak lingkungan serta negatif terhadap warga sekitar seperti krisis air, kekeringan, kerusakan karst, banjir dan longsor.

Petisi Dibuat oleh Raafi

Petisi tolak pembangunan resort Raffi Ahmad di Gunungkidul [Change.org]Petisi tolak pembangunan resort Raffi Ahmad di Gunungkidul [Change.org]

Di bagian paling bawah template viral itu disertakan tautan link yang merujuk ke petisi tolak pembangunan resort Raffi di Gunungkidul di website Change.org. Menariknya, sosok pembuat petisi itu punya nama yang mirip dengan Raffi Ahmad yakni Muhammad Raafi.

"Meskipun sama-sama Raffi, saya nggak sepakat dengan rencana Raffi Ahmad membangun resort di Gunungkidul," bunyi petisi yang dimulai sejak 21 Maret 2024 ini.

Raafi mengaku sampai ngeri karena lokasi pembangunan resort Raffi itu berada dalam kawasan lindung geologi.

"Tapi setelah tahu info pembangunan resort ini lebih jauh, ternyata dampak negatifnya ngeri juga ya. Pembangunan proyek Raffi Ahmad termasuk dalam Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunung Sewu yang merupakan kawasan lindung geologi yang harusnya nggak boleh dibangun apa-apa," katanya.

Baca Juga: Link Petisi Tolak Resort Raffi Ahmad di Gunungkidul, 'Cah Jogja Tolong Dukung!'

Pembangunan resort Raffi dikhawatirkan dapat merusak lingkungan. Menurut WALHI Jogja, dampak negatif pembangunan resort di Gunungkidul antara lain kekeringan, krisis air bersih, kerusakan karst, serta banjir dan longsor. 

Sang pembuat petisi juga menyoroti sosok Bupati Gunungkidul yang memberikan izin pembangunan resort Raffi. Diketahui sang bupati juga sempat hadir ketika melakukan peletakan batu pertama untuk menandai dibangun beach club Raffi pada Sabtu (16/12/2023) lalu. 

Hal itulah yang jadi latar belakang Raafi membuat petisi untuk tolak pembangunan resort Raffi Ahmad ini.

"Cah Jogja dan kawan-kawan yang peduli lingkungan, tolong dukung dan sebarkan petisi ini ya. Harusnya sih kalau kita bersuara bersama-sama, pembangunan resort yang nggak ada izin AMDAL nya ini bisa distop. Salam, Raafi," pungkasnya.

Dilihat pada Selasa (11/6/2024) siang, jumlah tanda tangan yang sudah terkumpul untuk petisi tolak pembangunan resort Raffi Ahmad ini sudah mencapai 21.254. Bahkan ada 1.775 orang yang sudah memberi tanda tangan pada hari ini.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #petisi #tolak #beach #club #raffi #ahmad #gunungkidul #template #viral #dibuat #raafi

KOMENTAR