Dokter Ungkap Ciri Kulit Sehat, Bukan Sekadar Gelap atau Terang
Ilustrasi Kulit Sehat dan Bersih (Dok. Implora)
11:21
10 Juni 2024

Dokter Ungkap Ciri Kulit Sehat, Bukan Sekadar Gelap atau Terang

Banyak orang sering meremehkan masalah kulit, sehingga tidak banyak yang tahu indikator kulit sehat. Dokter Farhan Zubedi menyebutkan beberapa tanda kulit wajah yang sehat, seperti permukaan yang tidak kusam, sebum yang terkontrol, hidrasi yang baik, dan tekstur yang kenyal.

DIkutip dari ANTARA, Lulusan Universitas Syiah Kuala mengatakan bahwa indikator kesehatan kulit juga termasuk tanda penuaan seperti kerutan di dahi atau pipi.

"Kesehatan kulit itu tidak ditentukan dari warna. Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau kanan, harus putih, bening... Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit sehat atau tidak," kata kreator konten kesehatan tersebut.

Kulit sehat, baik gelap atau terang, akan terlihat cerah dan memiliki tekstur yang bagus.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Face Mist untuk Meredakan Iritasi dan Kemerahan Wajah

Ilustrasi kulit kering dan sensitif (Pixabay/Antoni Shkraba)Ilustrasi kulit kering dan sensitif (Pixabay/Antoni Shkraba)

"Kalau skin pigmention (pigmentasi kulit) itu bukan untuk melihat kulit sehat. Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit yang gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin yang tinggi," katanya.

Melanin berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan polusi.

"Jika kita terpapar sinar matahari dan kulit menjadi tan atau gelap, itu adalah reaksi tubuh melindungi kita dengan meningkatkan melanin," katanya.

Dokter Farhan menekankan pentingnya membersihkan wajah dengan baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Saat membersihkan riasan, kapas yang sudah digunakan sebaiknya tidak digunakan kembali pada bagian yang sama.

"Jangan melewati bagian yang sama dengan kain yang sama supaya dia tidak nempel...," katanya.

Baca Juga: Takut Ketagihan Perawatan di Klinik, Yasmin Napper Lebih Pilih Pakai Skincare Buat Jaga Kesehatan Kulit

"Jadi, kalau bisa satu kapas untuk sekali usap. Jadi, ganti dengan sisi lainnya, kan itu tebal, atau pakai sisi yang lain. Tapi, kalau bisa jangan lewati dengan bagian yang sama," ia menambahkan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #dokter #ungkap #ciri #kulit #sehat #bukan #sekadar #gelap #atau #terang

KOMENTAR