Kurban Satu Kambing Bisa Diniatkan untuk Satu Keluarga, Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat
Ilustrasi kambing (Freepik)
15:26
8 Juni 2024

Kurban Satu Kambing Bisa Diniatkan untuk Satu Keluarga, Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Umat muslim yang mampu secara ekonomi diperintahkan untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mengenai kurban, bolehkah kurban kambing atas nama satu keluarga?

Seperti yang diketahui, selama ini terdapat pemahaman di masyarakat perihal jumlah hewan yang harus dikurbankan. Masih banyak masyarakat muslim yang menganggap kurban satu ekor kambing hanya untuk satu orang.

Namun perlu digarisbawahi, pemahaman tersebut kurang tepat. Dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat, kurban satu kambing yang diniatkan untuk satu keluarga itu boleh.

"Untuk satu kambing itu tidak harus untuk ditunjukkan seorang, tidak. Saya kadang-kadang melihat satu keluarga ini ada 7 orang, tujuh-tujuhnya ini kambingnya satu-satu, nggak perlu," terang Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube BERBAGI, Sabtu (8/6).

Baca Juga: Syarat dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha

Karenanya, setiap anggota keluarga tak perlu bergantian atau bergilir untuk kurban kambing setiap tahunnya. Terutama jika anggarannya memang hanya cukup membeli satu ekor kambing.

"Satu keluarga misal satu kambing diniatkan untuk satu keluarga, boleh. Jadi nggak usah kemudian diselang-seling tahun ini si fulan, tahun ini si fulan tidak," lanjut Ustaz Adi Hidayat.

"Kalau anggarannya cukup untuk satu-satu, ya silakan satu-satu. Kalau satu itu tidak ada yang lain, yang ada cuma 2,5 juta pengen beli kambing satu, boleh, saya berkurban untuk satu keluarga," jelasnya.

Perihal niatnya, bisa disebutkan langsung nama dari bapak keluarga tersebut. "Ya Allah ini kurban atas nama keluarga besar almarhum bapak Muhammad, maka ibu saya ikut, saya ikut, kakak saya ikut di situ," ujar Ustaz Adi Hidayat mencontohkan.

Niat berkurban satu kambing untuk satu keluarga itu juga tetap diperbolehkan meski tidak tinggal serumah dengan orangtua maupun saudara.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan

"Kalau ada rezeki lebih, silakan sapi untuk keluarga besar atau per orang, boleh nggak ada larangan. Cuma jangan sampai salah persepsi sehingga ada yang digilir. Daripada digilir mending disatukan semua tahun ini," tegasnya.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #kurban #satu #kambing #bisa #diniatkan #untuk #satu #keluarga #begini #penjelasan #ustaz #hidayat

KOMENTAR