Kapan Idul Adha 2024 Tanggal Berapa? Catat Tanggal Lebaran Haji Versi Pemerintah dan Muhammadiyah
Kapan Idul Adha 2024 Tanggal Berapa? Catat Tanggal Lebaran Haji Versi Pemerintah dan Muhammadiyah (Freepik)
13:26
5 Juni 2024

Kapan Idul Adha 2024 Tanggal Berapa? Catat Tanggal Lebaran Haji Versi Pemerintah dan Muhammadiyah

Tak terasa Hari Raya Idul Adha 2024 akan segera tiba. Apakah Anda sudah menandai kapan Idul Adha 2024 tanggal berapa?

Hari Raya Idul Adha disebut juga lebaran haji. Di momen ini, umat Muslim akan kembali merayakan lebaran dengan menyembelih hewan kurban berupa sapi, kambing atau unta.

Perayaan Idul Adha tidak hanya sekadar momen ibadah, tetapi juga simbol dari ketaatan dan pengorbanan yang diajarkan dalam Islam. Melalui pelaksanaan kurban, umat Islam mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan menguatkan ikatan spiritual dengan Allah SWT.

Idul Adha sendiri dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Apakah perayaan Idul Adha 2024 tahun ini ada perbedaan antara pemerintah dan Muhammadiyah?

Hari Raya Idul Adha 2024 Versi Pemerintah

Pemerintah memiliki peran penting dalam menetapkan tanggal perayaan keagamaan, termasuk Hari Raya Idul Adha. Berdasarkan penanggalan Hijriah, tahun 2024 menandai perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Namun, penetapan resmi tanggal Idul Adha biasanya dilakukan melalui sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, dengan mempertimbangkan hasil hisab dan rukyatul hilal di berbagai wilayah Indonesia.

Hari Raya Idul Adha 2024 Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menentukan awal bulan Hijriah. Berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024, tanggal 10 Zulhijah 1445 H atau Hari Raya Idul Adha 1445 H jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Jika dilihat, tanggal perayaan Hari Raya Idul Adha versi pemerintah dan Muhammadiyah sama-sama bertepatan pada 17 Juni 2024. Meski demikian, untuk pengumuman resmi keputusan pemerintah menunggu hasil sidang isbat terlebih dahulu.

Jadwal Libur Idul Adha 2024

Berdasarjan SKB 3 Menteri yang telah disahkan, pemerintah menetapkan tanggal 17 Juni 2024 sebagai hari libur nasional untuk merayakan Hari Raya Idul Adha.

Selain itu, ada tambahan libur satu hari yakni cuti bersama Idul Adha yang ditetapkan pada tanggal 18 Juni 2024. Liburan panjang ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan Idul Adha dengan lebih meriah dan menikmati momen kebersamaan dengan keluarga dan sesama.

Demikianlah penjelasan mengenai kapan Idul Adha 2024 tanggal berapa versi pemerintah dan Muhammadiyah.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kapan #idul #adha #2024 #tanggal #berapa #catat #tanggal #lebaran #haji #versi #pemerintah #muhammadiyah

KOMENTAR