Jerih Payah Syahrini Hamil di Usia 43 Tahun, Mungkinkah Melahirkan Normal?
Syahrini. (Instagram/princessyahrini)
09:31
14 Mei 2024

Jerih Payah Syahrini Hamil di Usia 43 Tahun, Mungkinkah Melahirkan Normal?

Setelah menikah sekitar lima tahun, Syahrini dikabarkan hamil anak pertamanya dengan Reino Barack pada usia 43 tahun. Kabar gembira ini diumumkan oleh sahabatnya, Andre Talabessy, melalui unggahan foto Syahrini di Instagram.

Berita kehamilan Syahrini disambut baik oleh para penggemarnya. Namun, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran karena kehamilan di usia 40-an dianggap berisiko.

Meskipun begitu, kehamilan di usia 40-an tidak selalu berbahaya jika kesehatan ibu dijaga dengan baik. Menjaga kesehatan selama kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu yang juga menjadi pertanyaan ialah apalah mungkin untuk melahirkan secara normal?

Syahrini hamil. (Instagram/@andre_talabessy)Syahrini hamil. (Instagram/@andre_talabessy)

Seperti dikutip dari Healthline, kemungkinan terjadinya persalinan pervaginam mungkin lebih kecil setelah usia 40 tahun. Hal ini terutama disebabkan oleh perawatan kesuburan yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Seorang juga mungkin berisiko lebih tinggi terkena preeklamsia, yang mungkin memerlukan operasi caesar untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.

Jika bayi dilahirkan melalui vagina, prosesnya mungkin akan lebih sulit seiring bertambahnya usia. Ada juga peningkatan risiko lahir mati.

Banyak perempuan yang berhasil melahirkan bayi sehat pada atau di atas usia 40 tahun. Bicarakan dengan dokter tentang apa yang diharapkan, dan buatlah rencana cadangan. Misalnya, jika merencanakan persalinan normal, bicarakan dengan pasangan. 

Bagi sebagian perempuan, hamil setelah usia 40 tahun bisa memakan waktu lebih lama dibandingkan perempuan lainnya. Namun, spesialis kesuburan perlu segera bekerja sama karena tingkat kesuburan menurun drastis di usia 40-an.

Jika tidak dapat hamil secara alami, sebaiknya mempertimbangkan apakah berpotensi mencoba beberapa kali perawatan kesuburan dan apakah memiliki sarana untuk menanggung biaya perawatan tersebut.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #jerih #payah #syahrini #hamil #usia #tahun #mungkinkah #melahirkan #normal

KOMENTAR