Sudah Tahu Belum? Ini 6 Rekomendasi Makanan Sehat yang Ampuh Mengusir Jerawat Membandel
Ilustrasi daging salmon/Freepik.com
11:34
17 Januari 2024

Sudah Tahu Belum? Ini 6 Rekomendasi Makanan Sehat yang Ampuh Mengusir Jerawat Membandel

 

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering terjadi pada sebagian orang.

Terdapat berbagai macam faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat, termasuk perubahan hormon, gaya hidup, dan pola makan tidak sehat.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan pola makan dan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Meskipun makanan tidak sepenuhnya menyebabkan jerawat, tetapi terdapat beberapa makanan yang bisa memperburuk kondisi jerawat.

Kendati demikian, masih ada juga makanan sehat yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit serta mengurangi resiko timbulnya jerawat.

Dilansir dari Healthline, Selasa (16/1), makanan yang rendah kadar gula dan memiliki kandungan protein dapat membantu mengurangi jerawat.

Berikut adalah 6 daftar makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

  1. Kangkung

Kangkung adalah makanan tinggi serat yang penuh akan nutrisi tetapi sangat rendah kalori. Antioksidan, vitamin, dan mineral pada kangkung berfungsi untuk mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat mendorong pembentukan kolagen yang membantu memperbaiki bekas jerawat lebih cepat dengan meningkatkan laju pergantian sel.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi.

Senyawa vitamin ini memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari peradangan dan pori-pori tersumbat yang dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim pencernaan papain yang berperan dalam mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, memudarkan bekas jerawat, dan menghidrasi kulit.

Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga dapat meningkatkan kekenyalan kulit serta menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

  1. Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu sumber omega-3 terbaik yang dapat berperan dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Omega-3 memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi resiko terkena kanker kulit.

  1. Kembang Kol

Kembang kol mengandung asam amino yang kuat atau biasa disebut dengan histidine. Senyawa tersebut dapat mencegah paparan sinar UV yang berbahaya yang bisa merusak kulit.

Kandungan nutrisi di dalamnya juga berperan aktif dalam menjaga kesehatan kulit, sehingga dapat meminimalisir risiko timbulnya jerawat.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen dan menangkal radikal bebas.

Konsumsi secangkir jeruk nipis hangat setiap pagi dapat membantu mengencangkan kulit, memudarkan noda bekas jerawat, dan membuat kulit tampak lebih sehat.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sudah #tahu #belum #rekomendasi #makanan #sehat #yang #ampuh #mengusir #jerawat #membandel

KOMENTAR