Pertama Kali Solo Traveling? Catat 10 Tips Liburan Tetap Aman Berikut Ini
Perjalanan sendirian atau solo traveling bisa menjadi cara terbaik untuk memanjakan diri. (Veerasak Piyawatanakul/Pexels.com)
17:26
12 Mei 2024

Pertama Kali Solo Traveling? Catat 10 Tips Liburan Tetap Aman Berikut Ini

 - Perjalanan sendirian atau yang akrab dikenal solo traveling bisa menjadi cara terbaik untuk memanjakan diri.

Namun, bagi seseorang yang belum pernah melakukan solo traveling pasti ada perasaan was-was atau khawatir.

Pada dasarnya, solo traveling memiliki banyak keuntungan loh. Misalnya, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar selama mengunjungi kota orang maupun negara lain.

Tak hanya itu, kita bisa mengatur destinasi mana yang akan dikunjungi hingga menjadwalkan jam istirahat.

Meski menyenangkan selalu ada pertanyaan: “Apakah solo traveling atau solo trip aman?”. Sebab, liburan tanpa pendamping yang mengawasi Anda lebih rentan terhadap penjahat atau penipu.

Dilansir dari laman smartertravel.com ada pepatah “keamanan dalam jumlah” tidak selalu benar, justru wisatawan yang sendirian bisa lebih mudah berbaur dibandingkan rombongan.

Maka dari itu, Smarter Travel berbagi beberapa tips bepergian sendirian agar tetap aman dan nyaman. Cek penjelasan berikut ini.

1. Riset Tarif Terlebih Dahulu sebelum Bepergian

Ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dan berapa biaya perjalanan dari stasiun atau bandara ke hotel maupun jarak ke pusat kota. Apabila tarif taksi atau transportasi tersebut tidak sesuai dengan kebenarannya, lebih baik Anda memilih transportasi lainnya.

2. Pilih Akomodasi yang Tepat

Pilih akomodasi seperti pesan hotel dengan resepsionis 24 jam jika Anda akan datang terlambat. Intinya, jangan sampai Anda tidur di mobil atau jauh lebih buruk lagi.

3. Percayalah pada Dirimu Sendiri

Saat melakukan perjalanan ke destinasi tertentu, Anda harus yakin bahwa hal tersebut benar. Mulai dari rutenya, jam buka-nya, dan lain-lain. Jika rasanya tidak benar, jangan lakukan itu.

4. Bawalah Identifikasi yang Baik di Lebih dari Satu Tempat

Jangan jadikan kantong atau saku celana sebagai tempat menyimpan uang. Sebab, terus menerus merogoh balik baju atau celana Anda akan menarik perhatian orang lain. 

Sebaiknya, simpanlah paspor, uang tambahan, dan dokumen penting lainnya di tas atau tas anti maling untuk membawa uang belanja sehari-hari.

5. Tetaplah Berada di Tempat Terbuka dan Umum

Bagi pelancong sendirian, tetaplah berada di tempat terbuka atau area umum yang ramai orang terutama saat malam hari.

6. Pancarkan Kepercayaan Diri

Seringkali saat traveling, kita lebih banyak jalan kaki untuk menikmati keindahan destinasi tertentu. Untuk itu, pancarkan kepercayaan diri saat berada di jalanan dan terarah.

Hal ini menjadi teknik efektif untuk menghalangi perhatian yang tidak diinginkan. Karena, jika terlihat bingung atau tersesat dapat membuat Anda rentan.

Lalu, bagaimana bila tersesat?. Caranya adalah masuklah ke toko atau restoran untuk bertanya rute yang benar.

7. Hindari Tampilan seperti Turis

Ketika berjalan-jalan atau mengunjungi tempat tertentu, jangan tampil yang mencolok atau berlebihan. Intinya, agar tetap aman dan nyaman hindari tampilan seperti turis.

8.  Periksa Peta dan Jadwal Transportasi Anda sebelum Meninggalkan Area

Saat mau meninggalkan hotel, kereta api, tempat wisata, dan lain-lain, jangan lupa untuk memeriksa peta dan jadwal. Pasalnya, seorang solo traveler yang terlalu asyik dengan ponselnya bisa menjadi tipe orang yang tidak menyenangkan. 

9. Tinggalkan Salinan Rencana Perjalanan Anda kepada Keluarga

Meski liburan sendirian, komunikasi dengan keluarga harus berjalan dengan optimal. Anda bisa meninggalkan salinan rencana perjalanan ke teman hingga anggota keluarga di rumah, baik telepon, obrolan video, dan sebagainya.

10. Daftar ke Departemen Luar Negeri

Perlu diketahui, bagi warga negara AS yang bepergian ke luar negeri disarankan untuk mendaftar Smart Traveler Enrollment Program (STEP) secara gratis.

Hal ini untuk meminimalisir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau darurat. Nah, program semacam ini tergantung dari negara masing-masing ya.

Jadi, gimana tertarik untuk solo traveling?. Solo traveling itu seru dan minimal wajib dicoba satu kali dalam seumur hidup. Semoga tips ini bermanfaat, ya. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pertama #kali #solo #traveling #catat #tips #liburan #tetap #aman #berikut

KOMENTAR