5 Permainan Kartu Remi yang Seru, Cocok Untuk Ide Nongkrong!
Ilustrasi Permainan Poker (Unsplash/Michał Parzuchowski)
09:58
17 Januari 2024

5 Permainan Kartu Remi yang Seru, Cocok Untuk Ide Nongkrong!

– Permainan kartu remi memiliki banyak jenis yang bisa dimainkan bersama keluarga atau teman-teman, dikarenakan kartu remi adalah sekumpulan kartu yang digunakan untuk berbagai jenis permainan dengan jumlah sebanyak 52 kartu.

Jumlah kartu tersebut terdiri dari empat jenis simbol dengan masing-masing simbol terdiri dari 13 kartu yang memiliki urutan angka.

Ada banyak jenis permainan kartu remi yang terkenal di kalangan umum, misalnya seperti cangkul dan 41.

Namun, selain kedua jenis permainan tersebut, masih banyak permainan kartu remi yang seru dan cocok dimainkan bersama keluarga atau teman-teman yang dikutip dari beberapa sumber.

Apa saja jenis permainannya? Simak berikut ini, yuk!

1. Poker

Poker adalah permainan kartu remi yang paling terkenal di banyak negara. Permainan ini diawali oleh setiap pemain yang akan mendapatkan tujuh kartu oleh bandar, tapi hanya lima kartu yang akan dinilai poinnya nanti.

Kemudian, permainan dimulai saat bandar membagikan dua kartu. Namun, hanya satu kartu yang dibuka, sedangkan satu kartu lainnya ditutup.

Lalu, jika ada pemain yang merasa percaya dengan kartunya, maka dapat menantang lawan dengan menaikkan jumlah taruhan. Namun jika tidak yakin, maka pemain boleh mundur.

Pemain kartu dengan kombinasi yang paling tinggi akan menjadi pemenang dari permainan ini.

2. Blackjack

Blackjack atau bisa disebut dengan 21 adalah permainan yang mengharuskan pemain memiliki nilai total pada kartu yang dipegangnya sebanyak 21 untuk menjadi pemenangnya.

Nilai dari setiap kartu juga bisa ditentukan sendiri oleh pemain, tapi umumnya kartu A atau As bernilai 11 atau 1.

Kemudian disusul dengan J, Q, dan K yang bernilai 10. Lalu, sisanya memiliki nilai sesuai dengan angka yang tertera pada kartu.

Jika pada akhir permainan ada pemain yang memiliki kartu dengan nilai total sebesar 21, maka ia adalah pemenangnya.

Jika tidak ada, pemain yang mendekati angka 21 yang akan menjadi pemenangnya. Namun, pemain dengan nilai kartu lebih dari 21 akan langsung kalah.

3. Slap jack

Slap jack atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama tepuk nyamuk adalah permainan kartu remi yang simpel dan sangat mudah dimainkan.

Setiap pemain harus cepat-cepat menepuk kartu yang tergeletak di lantai, sesuai dengan angka yang disebutkan.

Pertama-tama, yang disebutkan adalah kartu As, King, Queen, Jack, dan angka dari 10 sampai 3. Jika saat menyebut angka itu dan sesuai dengan kartu yang dikeluarkan, maka pemain harus menepuk kartu itu.

Pemain yang berakhir menepuk harus mengambil kartu yang dikeluarkan.

4. Bridge

Bridge adalah jenis permainan kartu remi sekaligus olahraga resmi yang sudah dipertandingkan secara nasional maupun internasional. Bridge adalah permainan yang dimainkan oleh empat orang dan dibagi menjadi dua tim.

Setiap tim mendapatkan 13 kartu. Kemudian para pemain harus membuat penawaran. Penawaran terakhir akan menentukan pentingnya setiap jenis kartu dan tujuan permainan. Setiap tim harus mengumpulkan sejumlah poin yang ditentukan pada awal permainan.

5. Big two

Jenis permainan kartu ini adalah big two atau capsa. Permainan ini mirip dengan poker, bedanya big two membagi 52 kartu ke empat pemain.

Lalu, kartu terendah dimulai dari 3-4-5-6-7-8-9-10-J-Q-K-As-2. Sedangkan lambing yang terendah dimulai dari Wajik-Keriting-Hati-Sekop.

Pemain yang memiliki kartu 3 wajik akan memulai permainan. Lalu, pemenang adalah pemain yang kartunya habis lebih dulu.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #permainan #kartu #remi #yang #seru #cocok #untuk #nongkrong

KOMENTAR