Beasiswa Unggulan Kemendikbud Dibuka: Ini Syarat, Cara Daftar, Tunjangan yang Didapat
Beasiswa Unggulan Kemendikbud Dibuka: Ini Syarat, Cara Daftar, Tunjangan yang Didapat (freepik)
16:56
10 Mei 2024

Beasiswa Unggulan Kemendikbud Dibuka: Ini Syarat, Cara Daftar, Tunjangan yang Didapat

Untuk Anda pemburu beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kabar baik sudah datang. Informasi mengenai beasiswa unggulan Kemendikbud 2024 sudah dirilis, dan dapat dimanfaatkan hingga akhir bulan Mei 2024 ini.

Beasiswa unggulan sendiri adalah bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI dengan memberikan biaya pendidikan pada putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia lewat pembinaan, pengembangan, dan pemberian fasilitas pada mahasiswa yang memiliki potensi akademik dan non akademik unggul.

Penjelasan Komponen Beasiswa

Mengacu pada pedoman pendaftaran Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbudristek 2024, komponen yang akan diberikan sebagai beasiswa antara lain adalah sebagai berikut.

  • Biaya pendidikan, meliputi UKT, SPP, biaya SKS
  • Biaya hidup
  • Biaya buku
  • Biaya penelitian
  • Tunjangan awal kuliah
  • Transport kedatangan dan kepulangan

Tentu komponen biaya ini diberikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga Anda wajib mencermati syarat dan ketentuan sebelum dapat memperoleh komponen biaya tersebut.

Persyaratan Umum yang Harus Dipenuhi

Untuk syarat umumnya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Berstatus sebagai PNS di Kemendikbudristek
  • Diusulkan oleh pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan mendapat persetujuan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian
  • Mendapat rekomendasi pimpinan terkait bidang studi yang diambil sesuai dengan kebutuhan organisasi
  • Memiliki penilaian kinerja minimal baik
  • Berkomitmen untuk mempertahankan indeks prestasi semester minimal 3,25 pada program Magister dan Doktor, atau ditentukan dengan skala lain sesuai standar yang ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing selama menjadi penerima Beasiswa Unggulan
  • Melengkapi semua berkas dokumen yang diperlukan

Cara Pendaftaran dan Jadwal

Untuk cara pendaftarannya sendiri, pertama Anda harus memastikan telah memiliki akun di Sistem Pendaftaran Beasiswa Unggulan. Kemudian setelah itu lakukan login melalui situs https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/app/login, dan ikuti langkah selanjutnya.

Jadwal yang digunakan juga hingga saat ini terbatas pada informasi tentang tahap pendaftaran Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbudristek, yang dibuka sejak tanggal 2 Mei 2024 lalu hingga tanggal 30 Mei 2024 mendatang.

Sisa tahapan, seperti Seleksi Tahap I, Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I, Seleksi Tahap II, Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II, dan Pembekalan dan Penjelasan Teknis Penandatanganan Kontrak akan diumumkan kemudian pada situs resminya di https://beasiswaunggulan.kem dikbud.go.id/.

Detail lampirannya sendiri dapat Anda cermati pada https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/05/Panduan-BU-pegawai-2024-Final-Rev-2.pdf.

Untuk benefitnya sendiri terutama adalah dukungan dari segi biaya yang akan ditanggung oleh Kemendikbudristek seperti yang disampaikan pada poin pertama tadi. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan, mengingat biaya kuliah pada program S2 dan S3 cukup besar.

Itu tadi sekilas tentang informasi beasiswa Unggulan Kemendikbud yang dapat disampaikan pada artikel ini. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #beasiswa #unggulan #kemendikbud #dibuka #syarat #cara #daftar #tunjangan #yang #didapat

KOMENTAR