Profil dan Karier Eks Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Viral Gegara Naik Ojek Online
Anggota Dewan Penasehat AMIN Sutiyoso. [Suara.com/Rakha]
17:14
2 Mei 2024

Profil dan Karier Eks Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Viral Gegara Naik Ojek Online

Momen mantan Gubernur DKI Jakarta, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso naik ojek online atau ojol viral di media sosial.

Seperti melansir dari unggahan akun X @/oppungjuntao pada Kamis (2/5/2024), tampak momen ketika Sutiyoso turun dari ojol.

Ia tampak dibantu oleh tiga orang pria saat hendak turun dari sepeda motor. Usai berhasil turun, Sutiyoso tampak menepuk bahu driver ojol.

Lebih lanjut, driver ojol itu tampak mencium tangan Sutiyoso. Mantan gubernur Jakarta itu lantas berjalan ke dalam rumah dibantu oleh seorang pria.

Jenderal Purn. TNI Sutiyoso, salah satu governor terbaik di negeri ini. Hormat jenderal,” tulis pengunggah video.

Atas viralnya video tersebut, mungkin banyak warganet yang penasaran dengan sosoknya. Berikut adalah informasi mengenai profil dan karier Sutiyoso.

Momen mantan Gubernur Jakarta, Letnan Jenderal  TNI (Purn) Sutiyoso naik ojek online atau ojol (X/oppungjuntao)Momen mantan Gubernur Jakarta, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso naik ojek online atau ojol (X/oppungjuntao)

Profil dan Karier Sutiyoso

Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso atau yang populer dengan nama Bang Yos merupakan seorang politikus sekaligus tokoh militer kelahiran Semarang, 6 Desember 1944.

Ia merupakan anak keenam dari pasangan Tjitrodihardjo dan Sumini. Sutiyoso sendiri mengakhiri masa lajangnya pada 1974 dengan menikahi seorang wanita bernama Setyorini.

Dari pernikahannya tersebut, Sutiyoso dikaruniai dua orang anak bernama Yessy Riana Dilliyanti dan Renny Yosnita Ariyanti. Kedua anaknya diketahui sudah menikah.

Bicara soal pendidikan, Sutiyoso pernah mengenyam bangku sekolah menengah atas (SMA) di Semarang. Ia juga sempat berkuliah selama setahun di Universitas 7 Agustus.

Kurang lebih setahun menjajal kursi perguruan tinggi, Sutiyoso ikut seleksi masuk Akabri. Ia pun berhasil lolos dan mengikuti pendidikan di Akabri hingga 1968.

Jabatan yang pernah diemban Sutiyoso sebagai anggota TNI adalah Asisten Personil, Wakil Komandan Jenderal Kopassus, Kepala Staf Kodam Jaya, dan Panglima Kodam Jaya.

Sutiyoso lantas melebarkan sayapnya ke dunia politik. Ia berhasil menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta selama dua periode, yaitu 1997-2002 dan 2002-2007.

Ada satu kebijakan Sutiyoso yang begitu dikenal publik, yaitu meluncurkan sistem angkutan massal bernama TransJakarta.

Lebih lanjut, Sutiyoso juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB PBSI (2004-2008), Ketua Umum ORARI (2006), Ketua Umum DPP PKPI (2010-2015), dan Anggota Dewan Pertimbangan DPP Partai NasDem.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #karier #gubernur #jakarta #sutiyoso #viral #gegara #naik #ojek #online

KOMENTAR