Sosok Rosmini Si Pengemis Maksa yang Viral, Padahal Suami Pegawai BUMN
Ibu-ibu pengemis pemarah yang tengah viral di media sosial. [Tangkap Layar]
12:03
1 Mei 2024

Sosok Rosmini Si Pengemis Maksa yang Viral, Padahal Suami Pegawai BUMN

Sosok Rosmini, wanita lanjut usia (lansia) tengah viral di media sosial karena meminta-minta dan marah ketika tak diberi. Lansia pengemis marah-marah itu diketahui membuat resah warga di Perumahan Pesona Cianjur Indah dan Perumahan Catur Siwi Desa Nagrak.

Aksi Rosmini yang mengemis dengan cara memaksa itu pun sempat direkam kamera warga hingga jadi viral di media sosial. Lantas siapa sebenarnya sosok Rosmini si pengemis yang tengah viral itu? Simak penjelasan berikut ini.

Sosok Rosmini

Rosmini pengemis viral yang marah-marah jika tak diberi (ist)Rosmini pengemis viral yang marah-marah jika tak diberi (ist)

Diamankan Kemudian Dibawa ke RSJ

Rosmini telah diamankan oleh Satpol PP Kota Bogor di Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor kemudian membawa Rosmini ke RS Marzoeki Mahdi untuk mengetahui apakah pengemis itu mengalami gangguan jiwa atau tidak.

Informasi terkait pengemis viral marah-marah itu bahkan telah diketahui Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. "Di berita lain memang Bu Menteri Sosial atensi soal ini,” kata Kepala Dinas Sosial Dani Rahadian pada Minggu (28/4/2024) malam.

Rosmini sejauh ini telah diberikan layanan sandang, pangan dan medis. "Jika teridentifikasi mengalami gangguan jiwa, itu akan mendapatkan rawat inap disana (RSMM),” ungkap Dani.

Punya 3 Anak

Sambil menunggu hasil identifikasi, Dinsos Kota Bogor sudah mengetahui keluarga dari Rosmini. Keluarga Rosmini disebut semuanya berada di Kota Bandung. Rosmini disebut punya 3 orang anak dan suaminya berasal dari Palembang.

Namun Rosmini mengaku tidak ingin pulang ke Palembang atau Bandung tersebut. "Ibunya nggak mau balik ke anak dan suami di Bandung atau ke orangtuanya di Palembang,” ungkap Dani.

Dinsos Kota Bogor akan berkoordinasi dengan jajaran Kementerian Sosial terkait nasib Rosmini.

Warga Bandung

Sementara itu berdasarkan data KTP, Rosmini tercatat sebagai warga Bandung, tepatnya Desa Margaasih, Kabupaten Bandung. Rosmini yang kelahiran September 1968 ini berstatus kawin.

Dari keterangan di KTP di kolom pekerjaan, Rosmini sehari-hari mengurus rumah tangga "Saya asalnya dari Palembang, tapi saya juga punya rumah di Bandung,” ungkap Rosmini di kantor Dinsos Kota Bogor.

Rosmini juga mengaku memilki suami dan juga anak yang tinggal di Bandung. Dia pun menangis saat menceritakan kerap diusir warga saat minta sedekah karena sosoknya viral. 

Sementara itu Rosmini terungkap pernah menjadi warga Jalan Jati Mekar RT 01 RW 05, Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hal itu dibenarkan Sekretaris RT 01 Supriyanto. 

Namun tahun 2010, Rosmini sudah tak pernah terlihat. Dari keterangan pengurus RT dan RW yang lama, keluarga Rosmini menempati wilayah itu sejak tahun 2002 lalu. Rosmini dulunya tinggal bersama suami dan 3 anaknya di Jalan Jati Mekar RT 01 RW 05, Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. 

Sosok Tempramental

Ibu Susilawati, istri dari Ketua RW 05 setempat mengungkap Rosmini dikenal sebagai sosok yang temparamental. Rosmini pun kurang akrab dengan tetangga sekitar. Gambaran Rosmini di media sosial pun sama persis ketika masih menjadi warga Jalan Jati Mekar. 

"Orangnya tempramen, sosialisasi ke warga juga kurang. Wataknya memang sama dengan yang di TikTok, kalau dilihatin suka marah. Banyak warga kurang suka juga," ungkap Susilawati

Mantan Suami Pegawai BUMN

Selain itu Rosmini juga disebut punya masalah dengan keluarga. Disebutkan bahwa Rosmini berpisah dengan suaminya. "Anaknya 3, dua perempuan, satu laki-laki, saya masih ingat terakhir itu yang laki-laki masih SMP," ungkap Susilawati. 

Namun Susilawati tak menjelaskan lebih jauh soal konflik keluarga Rosmini. Hanya saja saat konflik terjadi, ketiga anaknya sempat dititipkan pada nenek dan kakeknya. 

"Suaminya dulu kerja di Karawang salah satu perusahan BUMN, terus nikah lagi. Jadi waktu ada masalah, anak-anaknya pindah dibawa ke rumah neneknya tapi nggak tahu yang mana," beber dia. 

Diungkap Susilawati, ini bukan kali pertama Rosmini membuat heboh. Sebelumnya dia sempat ramai juga, disebut sebagai lansia terlantar. 

"Ini kejadian udah 3 kali, dulu sebelum viral di TikTok juga pernah kaya gini, kalau dulu disebut lansia terlantar," katanya.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sosok #rosmini #pengemis #maksa #yang #viral #padahal #suami #pegawai #bumn

KOMENTAR