Viral Panggilan Bojone Jijah untuk Pratama Arhan, Ternyata Pencetusnya Sosok Ini
Pratama Arhan bertemu dengan Azizah Salsha usai melawan Korea Selatan. [Instagram Azizah Salsha]
08:37
29 April 2024

Viral Panggilan Bojone Jijah untuk Pratama Arhan, Ternyata Pencetusnya Sosok Ini

Pratama Arhan akhir-akhir ini sering dipanggil dengan nama Bojone Jijah ketika beraksi bersama Timnas Indonesia. Panggilan itu melekat dengan suami Azizah Salsha, bahkan viral di media sosial

Ramai di TikTok, video-video Pratama Arhan dipanggil Bojone Jijah yang jika diartikan berarti suami Azizah Salsha. Saking viralnya, muncul Bojone Jijah Core yang memperlihatkan momen-momen penting Arhan di lapangan.

Setelah mengemuka, terungkap siapa pencetus panggilan nama tersebut. Ialah pengguna akun TikTok Mas Dimas Pw atau @masdimas_pw, yang mengklaim dirinya sebagai pelopor Bojone Jijah.

Dimas sering membagikan konten ketika dirinya mengomentari pertandingan timnas dengan bahasa Jawa. Dengan logat khasnya, video yang dibagikan Dimas sukses menghibur warganet.

Usut punya usut, panggilan Bojone Jijah pertama kali terlontar ketika pertandingan Timnas Indonesia U-23 lawan Australia di Piala Asia U-23 2023. Dimas membagikan konten saat dirinya mengomentari performa Arhan di lapangan pada Kamis (18/4/2024) hingga disaksikan jutaan kali.

Pencetus Bojone Jijah. (TikTok)Pencetus Bojone Jijah. (TikTok)

Kala itu, Pratama Arhan mengalami insiden hingga terjantuh di pinggir lapangan. Dimas spontan menyebut Bojone Jijah saat melihat Arhan terluka. Ia tak menyangka panggilan itu menjadi viral dan ramai digunakan pengguna media sosial lainnya.

"Kata-kata itu gak sengaja, refleks aja karena (aku) komentator pakai bahasa Jawa. Pas Arhan cedera, terusa aku nyebut "Jijah, jijah, ini lo bojomu Jijah," kata dia setelah diterjemahkan dikutip Senin (29/4/2024).

Tak hanya untuk Arhan, Dimas juga melontarkan kata-kata menggelitik kepada pemain lain seperti Clirit atau Bobok bobok dulu. Konten kreator itu senang jika jargon-jargon kocaknya turut diramaikan warganet.

Dimas menegaskan kalau dirinya tak bermaksud buruk, semua yang dilontarkannya saat menjadi komentator karena spontanitas. Ia menyampaikan permintaan maaf andai ucapannya menyinggung.

"Aku minta maaf banget kalau ada kata-kata yang sekiranya agak menyinggung, kurang enak didengar, atau bagaimana itu mungkin manusiawi ya. Aku ngomong loss, tak komentari loss,"

"Kalau bisa menghibur, Alhamdulillah. Makasih banyak teman-teman yang pakai bojone jijah," pungkasnya.

Adapun Pratama Arhan akan kembali beraksi bersama Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam. Azizah Salsha diduga kuat akan menyaksikan langsung pertandingan suami tercinta di stadion seperti dua laga sebelumnya.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #viral #panggilan #bojone #jijah #untuk #pratama #arhan #ternyata #pencetusnya #sosok

KOMENTAR