Beda Pendidikan Luhut dan Prabowo: Jebolan Kopassus yang Jadi Orang Kepercayaan Jokowi
Kolase Luhut Binsar Pandjaitan dan Prabowo Subianto (Istimewa)
19:26
25 April 2024

Beda Pendidikan Luhut dan Prabowo: Jebolan Kopassus yang Jadi Orang Kepercayaan Jokowi

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memiliki latar belakang yang hampir mirip dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Keduanya sama-sama pernah berkarier di Kopassus dan pernah dikirim ke Timor Timur.

Selain itu, baik Luhut dan Prabowo juga menjadi orang kepercayaan Presiden Joko Widodo. Keduanya sama-sama dijadikan menteri oleh Presiden Jokowi di kabinet kerjanya.

Kendati demikian, nasib Prabowo kini jauh lebih mujur dari Luhut yang merupakan seniornya. Prabowo telah resmi dinyatakan sebagai presiden terpilih periode 2024-2029 menggantikan Jokowi.

Lantas, seperti apakah beda pendidikan Luhut dan Prabowo, orang kepercayaan Jokowi? Simak informasi ini!

Pendidikan Prabowo Subianto

Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto (tengah) saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Terpilih di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto (tengah) saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Terpilih di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Prabowo Subianto lahir pada 17 Oktober 1951 di Jakarta dan berasal dari keluarga berada. Ia anak dari Soemitro Djojohadikoesoemo dan Dora Marie Sigar. Ayahnya merupakan seorang ekonom sekaligus mantan Menteri Keuangan.

Lahir di Jakarta, Prabowo sempat menempuh pendidikan di TK Sekolah Sumbangsih selama satu tahun, dari 1956 hingga 1957. Namun dari SD hingga SMA, Prabowo sekolah di luar negeri karena mengikuti pekerjaan sang ayah.

Prabowo menempuh pendidikan dasar di SD The Dean School Singapura. Tetapi belum sampai lulus, ia pindah ke SD Glenealy Junior School, Hong Kong dan berhasil lulus pada 1962.

Usai lulus SD, Prabowo lagi-lagi pindah negara ke Malaysia. Di sana ia menempuh pendidikan setara SMP di Victoria Institute, Kuala Lumpur. Sama seperti waktu SD, Prabowo pindah di pertengahan sekolah ke SMP Zurich International School.

Prabowo kembali pindah negara usai lulus SMP. Kali ini, ia bersekolah setara SMA di The American School in London, Inggris.

Menariknya, Prabowo justru tidak melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, tetapi memilih pulang ke Tanah Air. Ia memutuskan untuk mendaftar ke Akademi Militer Nasional (AKMIL) Magelang, Jawa Tengah, dan lulus 4 tahun kemudian. 

Pendidikan Luhut Binsar Pandjaitan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Jokowi. (Instagram/luhut.pandjaitan)Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Jokowi. (Instagram/luhut.pandjaitan)

Luhut Binsar Pandjaitan lahir di Toba Samosir, Sumatera Utara pada 28 September 1947. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara pasangan Bonar Pandjaitan dan Siti Frida.

Tak banyak informasi yang bisa didapatkan terkait dengan pendidikan Luhut. Namun diketahui sejak kecil, Luhut dididik orang tuanya untuk bersikap jujur, belajar dan kerja keras.

Masa sekolah menengahnya ia lakoni di SMA Penabur, Bandung, Jawa Barat. Selama duduk di bangku sekolah, Luhut sudah menunjukkan minat pada politik.

Terbukti, ia menjadi salah satu pendiri Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI) yang menghimpun pelajar dan mahasiswa menentang Orde Lama dan PKO.

Sama seperti Prabowo, Luhut juga masuk ke Akmil Angkatan Darat pada 1967. Ia lulus tiga tahun kemudian dengan predikat lulusan terbaik. Oleh karenanya, Luhut mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #pendidikan #luhut #prabowo #jebolan #kopassus #yang #jadi #orang #kepercayaan #jokowi

KOMENTAR