Urutan 16 Kepribadian MBTI Paling Takut Merasakan Jatuh Cinta: ESFP Teratas, ESTJ Terbawah
ilustrasi kepribadian MBTI paling takut jatuh cinta. Sumber foto: Freepik
14:04
20 April 2024

Urutan 16 Kepribadian MBTI Paling Takut Merasakan Jatuh Cinta: ESFP Teratas, ESTJ Terbawah

Apakah Anda termasuk orang yang takut merasakan jatuh cinta? atau justru mudah jatuh hati?

Jatuh cinta bisa menjadi hal menakutkan, apalagi jika kita belum pernah merasakannya atau mengalami patah hati serius di masa lalu.

Penting untuk diingat bahwa cinta itu rumit dan semua orang menangani masalah hati dengan cara berbeda, yang bisa dikaitkan dengan tipe kepribadian MBTI.

Oleh karenanya, dikutip Your Tango, Sabtu (20/4), berikut 16 kepribadian MBTI paling takut jatuh cinta hingga mudah menaruh hati pada orang lain:

  1. ESFP

ESFP biasanya paling kecil kemungkinannya untuk jatuh cinta. Tipe ini terbiasa menjalani hidup dengan cepat, sehingga terbawa ke dalam hubungan mereka.

Tipe ini takut akan komitmen dan hal lain yang muncul dalam hubungan serius karena sebenarnya mereka tidak menyukai sesuatu yang bersifat jangka panjang, lebih suka menghabiskan waktu dan energi untuk bersenang-senang sendiri.

  1. INTJ

Hubungan jangka panjang merupakan urusan serius bagi seorang INTJ, artinya jatuh cinta akan memakan waktu sangat lama.

Tipe ini tidak mau mengambil risiko apa pun jika menyangkut hati. Romantisme bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, itulah sebabnya INTJ tak mudah jatuh cinta.

  1. ENTJ

Mereka kejam dalam hubungan romantis. ENTJ tidak punya masalah untuk memutuskan hubungan dan move on tanpa melihat sekilas.

Sejujurnya, ENTJ memang menginginkan hubungan jangka panjang, tetapi bagian-bagian dominan dari kepribadian mereka sering kali memberikan hambatan besar dalam kehidupan cinta.

  1. ISFJ

Percintaan bisa menjadi bisnis yang rumit bagi ISFJ. Hubungan berkomitmen sangat dihargai. Nilai ini dikombinasikan dengan rasa malu alami ISFJ menyebabkan terbentuknya tembok pelindung di sekitar hati mereka.

Seorang ISFJ tidak bisa membiarkan dirinya menjalani hubungan apa pun yang akan merusak emosinya dan tidak akan pernah mengambil risiko membiarkan dirinya jatuh cinta pada seseorang jika ada sedikit keraguan dalam perasaannya.

  1. ESTP

ESTP merasa sangat sulit untuk memindahkan hubungannya ke arah lebih serius. Mereka mudah merasa bosan dan terjebak dalam suatu hubungan, jadi move on dengan cepat bukanlah masalah bagi mereka.

Mereka mengalami kesulitan untuk menjadi lebih dekat secara emosional dengan pasangannya, sehingga tidak pernah benar-benar merasakan jatuh cinta. Hubungan romantis mereka tidak pernah cukup dalam untuk mencapai titik tersebut.

  1. INTP

INTP sangat pendiam. Menjalin hubungan baru apa pun, romantis atau tidak adalah hal menakutkan bagi mereka. Tipe ini juga membawa rasa takut akan penolakan.

Mereka lebih memilih untuk tidak mengalami perasaan jatuh cinta daripada mengambil risiko dengan menempatkan diri dan hati mereka di luar sana.

  1. ISFP

Pada intinya, ISFP sangat emosional. Namun, mereka menjaga perasaan intens ini dengan menjalani hidup sepenuhnya.

Jatuh cinta bukanlah sesuatu yang mudah bagi mereka. Komitmen tidak boleh dipaksakan atau terburu-buru karena ISFP tidak akan kesulitan untuk meninggalkannya saat mereka merasakan tekanan apa pun.

  1. INFJ

Calon pasangan romantis diperiksa dengan cermat sebelum INFJ mempertimbangkan untuk menjalin hubungan dengan seseorang karena tidak ingin menyia-nyiakan waktunya sendiri atau orang lain.

Mereka tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan dan akan terus mencari selama mereka harus melakukannya sampai menemukan seseorang yang layak untuk dicintai.

  1. ESFJ

ESFJ kemungkinan besar pernah mengalami patah hati setidaknya sekali dalam hidupnya. Mereka sangat berhati-hati dalam menjalin hubungan romantis karena cenderung terlalu mengandalkan validasi pasangannya.

Sangat sulit bagi tipe ini untuk membiarkan dirinya jatuh cinta lagi pada seseorang setelah mereka mengalami patah hati, dan semakin sering mereka memiliki hubungan buruk, semakin sulit bagi mereka untuk jatuh cinta lagi.

  1. ISTP

Ini adalah salah satu tipe yang suka hidup di masa sekarang. Mereka juga bisa berubah-ubah dalam hal hubungan.

Mereka akan meninggalkan suatu hubungan dalam sekejap jika tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan pada saat itu.

Namun, ISTP penuh dengan kejutan, bagian kepribadian mereka yang spontan dan penuh gairah ini tidak membuat mereka takut untuk mencintai seseorang seperti tipe lainnya.

  1. INFP

Tipe ini sering kesulitan memisahkan fantasi dari kenyataan. Hal ini membuat jatuh cinta dengan seseorang menjadi sulit ketika mereka harus memenuhi standar spesifik yang dipikirkan INFP di kepalanya.

Meskipun demikian, INFP masih merupakan orang romantis yang putus asa dan menyukai gagasan jatuh cinta.

Mereka juga memahami ketika ada sesuatu yang tidak seharusnya terjadi, dan jika tidak, mereka akan menangani perpisahan itu dengan saling menghormati.

  1. ENTP

Tidak seperti tipe lainnya, ENTP sebenarnya melihat pertumbuhan dan perkembangan sebagai hal menyenangkan dan positif.

Komitmen tidak membuat mereka takut karena apa yang sebenarnya mereka lakukan dalam suatu hubungan adalah mengupayakan jangka panjang dengan mendorong pasangannya dan diri mereka sendiri untuk terus berkembang.

  1. ENFJ

ENFJ menjalin hubungan terus-menerus. Berada dalam hubungan yang penuh kasih dan pengabdian memberi mereka kesenangan terbesar dalam hidup.

Namun, mereka terkadang cenderung jatuh cinta terlalu cepat. Mereka sangat ingin memuaskan minat romantisnya dan sering kali membuat kesalahan dengan kehilangan identitasnya saat menjalin hubungan.

  1. ENFP

Seorang ENFP hampir tidak memiliki rasa takut untuk jatuh cinta karena tidak ada orang yang lebih antusias dengan prospek menghabiskan hidupnya bersama orang lain selain mereka.

Mereka pandai mengatasi hambatan hubungan yang menyebabkan sebagian besar tipe orang lain mengalami masalah serius. Tipe ini bahkan bisa menjalin hubungan jarak jauh.

  1. ISTJ

Cinta bukanlah sesuatu yang ditakuti oleh ISTJ. Mereka tetap berpegang pada metode kencan tradisional. Mereka tidak peduli atau senang dilemparkan ke dalam situasi romantis tidak terduga.

ISTJ tidak membiarkan dirinya terlibat dalam hal-hal biasa. Mereka mencari kecocokan dan stabilitas dalam prospek romantis yang didasarkan pada realisme.

  1. ESTJ

Tidak ada yang perlu ditakutkan oleh ESTJ karena semua kartu mereka sudah dibagikan sejak awal. Mereka sangat jelas tentang siapa dirinya dan apa yang diinginkan.

Pendekatan cinta yang jujur, ditambah kepercayaan diri seorang ESTJ membuat mereka pada dasarnya tidak takut dalam cinta dan hubungan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #urutan #kepribadian #mbti #paling #takut #merasakan #jatuh #cinta #esfp #teratas #estj #terbawah

KOMENTAR