Urutan 16 Kepribadian MBTI yang Cocok Dijadikan Sahabat Terbaik hingga Terburuk, ISFP Nomor Satu!
ilustrasi kepribadian MBTI cocok jadi sahabat terbaik. Sumber foto: Freepik
11:44
18 April 2024

Urutan 16 Kepribadian MBTI yang Cocok Dijadikan Sahabat Terbaik hingga Terburuk, ISFP Nomor Satu!

Persahabatan adalah bagian penting dalam kehidupan. Teman ada untuk kita kala sedang merasa sedih maupun senang.

Seperti kata pepatah, sahabat adalah keluarga yang kita pilih sendiri dan bisa datang dari latar belakang sekaligus memiliki kepribadian berbeda.

Tipe kepribadian mengungkapkan banyak hal tentang seperti apa Anda dan dapat menentukan tipe teman yang disukai.

Dari 16 tipe kepribadian MBTI mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi secara keseluruhan terdapat urutan yang cocok menjadi sahabat terbaik hingga terburuk, seperti dikutip dari Your Tango, Kamis (18/4).

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak uraiannya di sini:

  1. ISFP

ISFP menjadi teman terbaik karena mereka setia, peduli, percaya, dan berdedikasi. Mereka juga peka, sehingga dapat mengetahui saat Anda sedang tidak dalam kondisi bagus dan mencoba meningkatkan suasana hatimu.

Meskipun tipe ini lembut dan pendiam, mereka juga bisa menjadi spontan dan suka berpetualang.

  1. ESFP

ESFP seperti versi ISFP yang lebih ekstrovert. Mereka memiliki kecintaan jelas terhadap kehidupan dan menikmati jalan-jalan bersama temannya, juga suka melakukan berbagai hal.

Pada saat yang sama, mereka adalah pendengar baik dan berusaha mendukung teman-temannya dengan cara apa pun yang mereka bisa.

  1. ESFJ

Meskipun ESFJ orang ekstrovert, mereka cenderung lebih membumi dibandingkan tipe ekstrovert lainnya. Mereka setia dan sangat berhati-hati terhadap orang lain.

Tipe ini juga akan melihat Anda sebagai keluarga dan biasanya hal itu menjadikannya sebagai teman terbaik.

  1. ISFJ

Jika Anda suka menghabiskan malam santai membicarakan apa saja, maka ISFJ adalah tipe kepribadian terbaik untuk Anda jadikan teman.

ISFJ baik hati dan setia. Mereka akan selalu ada untuk menjaga dan menghiburmu bahkan ketika sedang merasa sedih.

  1. INFJ

INFJ memiliki kehangatan yang sulit ditemukan pada tipe kepribadian lainnya. Mereka mungkin pendiam, tetapi hal itu akan menginspirasi Anda untuk menjadi diri sendiri. Yang terpenting, mereka ingin semua orang akur.

  1. INFP

Tipe ini mungkin tidak tampak seperti teman yang baik, namun INFP benar-benar berkomitmen dan peduli karena mereka sangat menghargai suatu hubungan.

Mereka hanya tidak seterbuka pikiran dan perasaannya seperti tipe kepribadian lainnya.

  1. ESTP

Anda tidak begitu tahu apa yang akan Anda dapatkan dari ESTP, itulah sebabnya mereka berada di urutan tengah. Dalam semenit, mereka bisa bersenang-senang tanpa mempedulikan dunia, kemudian rasional dan analitis pada menit berikutnya.

Secara keseluruhan, tipe ini fleksibel dan akan mengakomodasi kebutuhan Anda.

  1. ENFJ

ENFJ berada di pertengahan daftar karena menemukan jalan tengah adalah hal terbaik yang mereka lakukan.

Tipe ini bisa menjadi cara yang baik dalam memfasilitasi kompromi, namun persahabatan tidak boleh terasa seperti pertemuan diplomatik antar negara, juga penyayang dan suka membantu.

  1. ESTJ

Tidak sulit untuk menunjukkan seorang ESTJ karena mereka lugas dan blak-blakan, mereka akan memberitahumu apa adanya.

Mereka bisa menjadi teman baik dalam hal itu. Namun, terkadang kejujuran mereka terlihat tidak bersifat pribadi dan sedikit terlalu kritis.

  1. ISTP

ISTP berkembang dalam dua hal: fakta dan variasi. Mereka adalah orang-orang hebat yang bisa ditolong ketika krisis karena mereka bisa tetap tenang.

Namun, tipe ini bisa sangat terpisah dan analitis, Anda mungkin merasa dihakimi oleh pandangan mereka.

  1. ENTP

Lincah dan pintar, tipe kreatif ini suka menyemangati orang lain. Namun, mereka sangat mandiri. Mereka suka menegaskan otoritasnya dan mempertanyakan otoritas orang lain.

Oleh karena itu, ENTP dapat menjadi teman yang menantang karena meskipun mendorong kemandirian, Anda mungkin merasa diremehkan dan kurang dihargai.

  1. ENTJ

Tipe ini bisa terlihat sedikit kaku dan impersonal, bahkan sebagai teman. ENTJ merupakan perencana yang sangat baik, jadi jika Anda menyukai perjalanan akhir pekan menyenangkan dan dilengkapi dengan rencana perjalanan, inilah teman yang tepat untuk Anda.

Di sisi lain, mereka suka maju sendiri dan mengambil alih. Mereka juga bisa menjadi kritikus yang kejam.

  1. ISTJ

ISTJ tenang, sejuk, dan kalem. Mereka juga bisa sangat santai. Tipe ini menghargai waktu sendirian dan pekerja keras, bahkan mungkin terlalu keras. ISTJ masih bisa berteman baik karena mereka menghormati komitmen dan setia.

  1. ENFP

Daripada berteman baik, tipe ini bisa menjadi kenalan yang sangat baik. Mereka suka berteman dan kreatif, tetapi secara keseluruhan, ENFP yang gelisah lebih cocok untuk berkumpul ketika Anda ingin bersenang-senang.

  1. INTJ

Meskipun ISTJ bisa jadi sangat keren, INTJ bisa jadi dingin. Tipe ini hampir seluruhnya didorong oleh logika dan kebutuhan akan kemandirian.

Mereka mempunyai potensi untuk menjadi teman baik, namun sulit mengatasi rintangan awal dalam mengenal mereka.

  1. INTP

Hanya karena INTP berada di urutan terakhir bukan berarti persahabatan mereka buruk. INTP memiliki banyak kualitas yang sama dengan INTJ, tetapi lebih terbuka dalam berbagi pemikiran dan kritik. Meski begitu, sebagai sahabat, tipe INTP bisa memperluas wawasan Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #urutan #kepribadian #mbti #yang #cocok #dijadikan #sahabat #terbaik #hingga #terburuk #isfp #nomor #satu

KOMENTAR