5 Tips Menikmati Waktu Sendiri bagi Seorang Introvert di Tempat Umum, Cobalah Sedikit Terbuka
ILUSTRASI: Menikmati waktu sendirian di tempat umum. (Introvertdear.com)
08:08
15 April 2024

5 Tips Menikmati Waktu Sendiri bagi Seorang Introvert di Tempat Umum, Cobalah Sedikit Terbuka

- Orang-orang introvert terkadang mudah merasa lebih terisolasi. Isolasi semacam ini tidak hanya menyedihkan, tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Itulah sebabnya para introvert memang membutuhkan waktu bersama orang lain, meskipun mungkin tidak sebanyak yang mereka butuhkan dari para ekstrovert!

Pergi ke tempat umum sendirian bisa menjadi cara yang membahagiakan bagi seorang introvert. Ini tidak melelahkan. Ini memenuhi kebutuhan untuk menyendiri. Hal ini membuat Anda tetap akan bisa dekat dengan orang lain yang Anda temui.

Dan penelitian menunjukkan bahwa kedekatan dengan orang lain tanpa banyak interaksi sosial dapat meningkatkan kesehatan. Pergi ke tempat umum sendirian juga memberi kendali besar atas seberapa banyak harus bersosialisasi.

Tentu saja, gagasan untuk pergi keluar sendirian juga bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, tetapi hal ini tidak seharusnya terjadi. Berikut lima hal yang dapat dilakukan untuk menikmati waktu sendiri di umum dan memanfaatkannya semaksimal mungkin, seperti yang dikutip dari introvertdear.com, Senin (15/4).

1. Terbuka untuk berbicara dengan orang asing

Meski orang-orang introvert tidak terlalu suka jika orang asing memulai percakapan panjang denganya. Namun, mulai sekarang cobalah untuk sedikit terbuka jika Anda sengaja keluar sendiri.

Jika tidak memiliki seseorang yang ingin segera ditemui, Anda tidak melakukan percakapan pribadi yang mengundang perhatian orang lain, dan Anda dengan sengaja mencoba untuk mendapatkan sedikit paparan sosial - bukan?

Jadi, jika seseorang mencondongkan tubuh dan memulai obrolan, teruskan untuk sementara waktu. Kemungkinan besar, percakapan tersebut tidak akan berlangsung lebih dari beberapa menit.

2. Ketahui cara berhenti berbicara dengan orang asing

Terlepas dari poin sebelumnya, ada baiknya untuk mempraktikkan strategi untuk berhenti mengobrol. Sebab, Anda tidak akan memiliki orang lain di sana untuk menyelamatkan Anda. Ingatlah bahwa Anda mempunyai hak untuk menghentikan pembicaraan dan hal itu tidaklah kasar.

Secara umum, berikut cara menghentikan percakapan:

•Hindari sinyal atau isyarat halus: Tipe orang yang berbicara terlalu lama tidak akan memperhatikan isyarat sosial - atau mereka akan mengabaikannya.
•Bersikaplah sopan, tetapi tegas: coba katakan, “Yah, ini menyenangkan, tapi aku akan kembali ke buku/makananku.”
•Jangan menanggapi interupsi: terkadang seseorang mengakhiri percakapan dan mulai berbicara lagi semenit kemudian. Namun ketika mereka mulai berbicara lagi dan mengganggu aktivitas membaca/ podcasting/berkirim pesan/apa pun, jangan langsung merespons.

Anda bahkan dapat mulai mengarahkan tubuh Anda ke arah mereka sehingga mereka tahu Anda mendengarnya, tetapi perhatikan apa yang Anda lakukan selama 10 detik lebih lama.

Kemudian Anda dapat melihat ke atas dan berkata, dengan setengah teralihkan, "Apa itu tadi?" Ini adalah satu-satunya sinyal halus yang menurut saya ditanggapi oleh beberapa orang.

3. Pilih tempat dengan suasana yang tepat

Jika Anda pergi keluar sendiri, pertimbangkan suasana tempat tersebut. Klub yang ramai? Mungkin tidak terlalu menyenangkan jika Anda melakukannya sendiri (kecuali jika Anda benar-benar tertarik menari solo).

Faktanya, secara umum, Anda menginginkan tempat yang lebih tenang dan santai, seperti sebuah restoran yang sepi setelah makan malam pada hari kerja, kedai kopi, bar lingkungan, bar lain hanya pada jam-jam lambat, restoran 24/7 kuno, taman umum.

Ini adalah opsi dengan risiko terendah dalam daftar ini, dengan gangguan dan kerumunan paling sedikit, namun juga memberikan kontak paling sedikit dengan orang lain.

4. Bawalah alat peraga, seperti buku atau buku catatan

Jika Anda bepergian sendiri, sangat disarankan untuk membawa buku, buku catatan, atau alat serupa. Mengapa?

Pertama, ini membuat Anda terlihat seribu kali lebih menarik - Anda tidak duduk sendirian karena bosan, Anda seorang yang rajin membaca /artis menggambar di buku sketsa/penulis yang menulis catatan/dan lainnya.

Namun, yang lebih penting, ini memberi Anda sesuatu untuk dijadikan sandaran, baik untuk menghindari berbicara dengan seseorang atau jika Anda benar-benar bosan.

5. Bersikaplah fleksibel dalam rencana permainan Anda

Anda mungkin mengira Anda hanya keluar selama satu jam, namun ternyata Anda sebenarnya cukup senang berada di luar. (Apakah ini yang dirasakan orang ekstrovert?) Atau Anda mungkin tiba-tiba menyadari bahwa Anda sudah kenyang dan meminta cek.

Hal hebat tentang pergi keluar sendirian adalah, tidak seperti pergi bersama teman, Anda bebas secara tiba-tiba mengubah rencana atau pulang lebih awal. Jadi, pergilah dengan pikiran terbuka dan bersikaplah fleksibel jika Anda memutuskan untuk mengubah keadaan.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #tips #menikmati #waktu #sendiri #bagi #seorang #introvert #tempat #umum #cobalah #sedikit #terbuka

KOMENTAR