Pengelola Ancol Ungkap Waktu Terbaik Datang ke Dufan saat Libur Lebaran 2024: Perhatikan 4 Hari Ini
Pengunjung menikmati wahana Ontang-Anting di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/6). [Suara.com/Alfian Winanto]
18:06
12 April 2024

Pengelola Ancol Ungkap Waktu Terbaik Datang ke Dufan saat Libur Lebaran 2024: Perhatikan 4 Hari Ini

Pengelola destinasi wisata ungkap waktu terbaik mengunjungi Ancol saat musim libur lebaran 2024. Hal ini perlu diperhatikan setelah baru-baru ini viral pengunjung Dufan membludak dan membuat antrean di pintu masuk wahana mengular hingga beberapa orang kelelahan.

Media Relations di PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan usai libur lebaran Idulfitri 2024, puncak kunjungan di Dufan maupun Ancol akan terjadi pada 11 hingga 14 April 2024. Ini karena setelah bersilaturahmi, masyarakat mulai mendatangi destinasi wisata bersama sanak keluarga.

"Jadi sebetulnya kami memprediksi di pekan libur lebaran ini akan terjadi puncak kunjungan di hari ke-2, hari ke-3 dan hari ke-4 atau kemarin hari ini dan besok," ujar Eko saat dihubungi suara.com, Jumat (12/4/2024).

Antrian pengunjung di wahana Kereta Misteri di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/6). [Suara.com/Alfian Winanto]Antrian pengunjung di wahana Kereta Misteri di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/6). [Suara.com/Alfian Winanto]

Prediksi ini diperhitungkan pihak pengelola berdasarkan kejadian setiap tahun libur lebaran Idulfitri. Sehingga kata Eko, pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi dengan menambah jumlah petugas yang bekerja hingga menyediakan kantong parkir kendaraan mencegah kemacetan di area kawasan Ancol.

"Kami menambahkan show-show baru untuk bisa memberikan hiburan, walaupun ada yang mengantri, tetapi kami juga memberikan ada show kecil untuk menghibur pengunjung yang sedang mengantri di wahana," jelas Eko.

Adapun dari sisi jam operasional Ancol dan Dufan tidak ada yang berbeda pada musim libur lebaran 2024 kali ini, yaitu Ancol dibuka sejak jam 5 pagi hingga 12 malam. Hanya saja khusus untuk Dufan hingga 21 April 2024 akan diberlakukan jam operasional untuk weekend atau hari libur.

"Dufan buka jam 10 pagi dan tutup jam 8 malam, dan dufan juga jam 7 malam ada magical fireworks (kembang api), banyak atraksi ditambahkan menghibur pengunjung," jelas Eko.

Di sisi lain Eko mengakui jika libur lebaran akan terjadi antrean panjang mengular di pintu masuk Dufan hingga wahana permainan. Ini karena kunjungan puncak masuk ke Dufan terjadi pukul 11 hingga 12 siang.

Inilah sebabnya ia menyarankan pengunjung untuk bersantai lebih dulu menikmati atraksi, karena menjelang sore hari antrean tersebut akan perlahan berkurang.

"Jadi semakin sore antreannya bakal semakin berkurang. Jadi bisa menunggu di sore hari," pungkasnya.

Viral antrean wahana Dufan hingga pengunjung kelelahan

Viral di media sosial destinasi wisata Jakarta Dufan (Dunia Fantasi) dibanjiri pengunjung di hari ketiga lebaran Idulfitri. Tak main-main, antrean masuk wahana mengular hingga membuat pengunjung kelelahan.

Dalam potongan video yang dibagikan akun Twitter @txtdrjkt, dilihat suara.com, Jumat (12/4/2024) tampak hari komplek Ancol di depan pintu masuk Dufan terdapat antrean pengunjung pengular nyaris sepanjang 500 meter.

Tidak hanya itu, setelah pengunjung berhasil masuk ke dalam area Dufan, tampak di depan berbagai pintu masuk wahana terjadi berbagai antrean tidak kalah panjang.

Seperti diketahui, ada berbagai wahana permainan yang jadi favorit pengunjung dari mulai istana boneka, kora-kora, tornado, bianglala, kicir-kicir, niagara, hingga halilintar.

Dalam video itu juga terlihat bagaimana pengunjung kelelahan menanti antrian menaiki wahana, sebagian ada yang tertidur dan sebagian lainnya asik berbaring di lantai.

Uniknya video itu juga menyiratkan lagu ikonik Dufan diubah menjadi keluhan terhadap antrean yang dialami para pengunjung.

"Masuk ke Dunia Fantasi cuma bisa ngantri doang," ungkap latar video tersebut.

Melihat hal ini banyak netizen yang ikut tergelak sekaligus menyayangkan pengunjung yang datang ke tempat wisata seperti Dufan yang dipastikan akan ramai pengunjung saat musim libur lebaran Idulfitri.

"Bjir rame bener, bukannya pada silaturahmi ke rumah kerabat malah pada melarikan diri ke tempat wisata," ungkap @dimstrds.

"Padahal pengen ke sini tapi rame yak, yaudahlah kabarin kalau sepi," timpal @haanayo.

"Niatnya mau refreshing biar nggak stres, malah tambah stres," sambung @_Kendoma.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #pengelola #ancol #ungkap #waktu #terbaik #datang #dufan #saat #libur #lebaran #2024 #perhatikan #hari

KOMENTAR