Prilly Latuconsina Kena Kritik, Sebenarnya Siapa yang Berhak Pakai Gas Elpiji 3 Kg?
Prilly Latuconsina minta maaf karena menggunakan tabung gas 3kg [ist]
17:29
12 April 2024

Prilly Latuconsina Kena Kritik, Sebenarnya Siapa yang Berhak Pakai Gas Elpiji 3 Kg?

Prilly Latuconsina kena kritik netizen karena ketahuan memakai gas elpiji 3 kg di rumah mewahnya. Lantas, sebenarnya siapa sih yang berhak memakai gas elpiji 3 kg ini?

Kritikan kepada Prilly Latuconsina bermula dari unggahan sang artis menjelang Lebaran kemarin. Yang mana bintang film "Danur" tersebut tampak sedang masak-masak besar berbagai menu Lebaran.

Alih-alih fokus membahas kepiawaian Prilly Latuconsina dalam memasak, netizen justru salah fokus dengan penampakan gas elpiji 3 kg. Tabung gas tersebut berada di dekat tembok dapur Prilly Latuconsina.

Netizen ramai melayangkan kritik kepada Prilly Latuconsina karena hal tersebut. Pasalnya, gas elpiji 3 kg merupakan bahan bakar bersubsidi yang bisa digunakan oleh kelompok masyarakat tertentu.

Lalu, kelompok masyarakat seperti apa yang berhak menggunakan gas elpiji 3 kg?

Petugas sedang menurunkan gas elpiji 3 kg untuk disetor ke distributor di Gunungkidul. [Kontributor/Julianto]Petugas sedang menurunkan gas elpiji 3 kg untuk disetor ke distributor. [Kontributor/Julianto]

Ketentuan siapa yang berhak memakai gas elpiji 3 kg sendiri secara detail dijabarkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023.

Disebutkan dalam Keputusan tersebut, bahwa yang berhak memakai gas elpiji 3 kg adalah konsumen kelompok rumah tangga dan usaha mikro yang menggunakan gas elpihi 3 kg untuk memasak, nelayan sasaran, serta petani sasaran.

"Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas (LPG) Tertentu dalam melaksanakan pendistribusian isi ulang LPG Tertentu secara tepat sasaran kepada pengguna LPG Tertentu, yang terdiri atas konsumen kelompok rumah tangga, usaha mikro, nelayan sasaran, dan petani sasaran," bunyi Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, dikutip pada Jumat (12/4/2024).

Melansir laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pemerintah terus berusaha agar subsidi gas elpiji 3 kg yang diberikan dapat dinikmati sepenuhnya oleh kelompok masyarakat tidak mampu atau lebih tepat sasaran.

Prilly Latuconsina Langsung Klarifikasi

Setelah tahu bahwa penampakan tabung gas elpiji 3 kg di rumahnya membuat gaduh, Prilly Latuconsina langsung membuat klarifikasi. Ia mengaku tidak sadar dan menjelaskan bagaimana gas subsidi tersebut bisa sampai ada di rumahnya.

"Jujur aku gak sadar awalnya sampai diingatkan oleh kalian semua. Kemarin langsung nanya sama orang rumah dan ternyata tabung gas itu sebenarnya dipijamkan sama tukang gas langganan aku karena stok gas yang biasa mbak beli habis," tulis Prilly Latuconsina, dikutip pada Jumat (12/4/2024).

"Tidak ada niatan menyembunyikan atau apapun karena itu memang berada di belakang tas belanja. Akupun gak ngeuh. Next time kalau gas yang biasa aku pakai habis, lalu ingin dipinjamkan, aku sudah bilang mbak lebih baik bersabar saja menunggu gas yang biasa kita pakai," imbuhnya.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #prilly #latuconsina #kena #kritik #sebenarnya #siapa #yang #berhak #pakai #elpiji

KOMENTAR