Mengatasi Anxiety Lewat Panca Indra, Simak dan Pahami 5 Langkah Mudah Ini
Ilustrasi seseorang alami anxiety. Sumber foto: Freepik
16:40
11 April 2024

Mengatasi Anxiety Lewat Panca Indra, Simak dan Pahami 5 Langkah Mudah Ini

Metode five senses atau panca indra bisa membantu Anda merasakan momen terkini alih-alih memikirkan masa depan.

Dengan melakukannya, perhatian dapat beralih dari pikiran yang memicu rasa cemas atau anxiety menuju momen bahagia.

Panca indra menjadi teknik mengatasi situasi stres. Ketika Anda mengalami stres atau cemas, tubuh melepaskan hormon seperti adrenalin. 

Keadaan kewaspadaan berlebihan ini bersifat evolusioner, tetapi tidak selalu bermanfaat dalam kehidupan modern.

Metode ini bekerja dengan menangkal respons melawan atau lari, mengembalikan sistem saraf Anda ke keadaan lebih seimbang, kata motivator Jai Madaan, dikutip dari Times of India, Kamis (11/4).

Cara kerjanya menghubungkan masing-masing panca indra yakni penglihatan (mata), peraba (kulit), pendengaran (telinga), penciuman (hidung), dan pengecap (lidah).

Untuk mengawalinya, tempatkan diri Anda di berada di lokasi yang tenang dan tarik napas secara mendalam, kemudian lanjutkan langkah-langkah sebagai berikut:

Penglihatan

Carilah lima objek.

Lihatlah sekeliling Anda dan sebutkan lima hal yang dapat Anda lihat. Ucapkan setiap item dengan lantang. Misalnya, 'Aku melihat pohon, aku melihat meja, aku melihat buah, aku melihat jam, aku melihat kursi.'

Memilih sesuatu yang positif dari masa muda Anda seperti drama televisi, buku, tempat juga dapat membantu mengaktifkan inner child tersebut dan menghasilkan kenangan yang aman.

 

Sentuhan

Rasakan empat sensasi.

Fokus pada tubuh dan pertimbangkan empat hal di sekitar. Misalnya kuku dan rambut Anda, sofa tempat Anda duduk, lantai, tanaman atau pohon sekitar. Ketika Anda menyentuh sesuatu bisa katakan, 'Aku merasakan lantainya.’

Stimulasi tekanan dalam dapat menghilangkan stres dengan menurunkan detak jantung dan tingkat kecemasan. Dengan menggunakan sentuhan terutama tekanan ringan, bisa meningkatkan fokus dan meningkatkan perasaan tenang.

Pendengaran

Dengarkan tiga suara.

Kenali suara di sekitar. Apa yang direkam telingamu? Suara gemerisik dedaunan, kicauan burung, klakson mobil, dering ponsel, ada yang menelpon seseorang? Sebutkan asal suara itu dengan lantang.

Mendengarkan suara ringan sebagai bentuk perhatian jadi cara baik mengurangi anxiety. Penelitian membuktikan mindfulness bisa efektif bagi penderita ADHD, kecemasan, dan orang yang memiliki riwayat trauma.

Penciuman

Cium dua aroma berbeda.

Melalui hidung, tarik napas dalam-dalam. Sebutkan dua bau yang Anda hirup saat itu. Jika Anda tidak dapat mencium apa pun, pikirkan dua aroma favorit dan ucapkan hal yang sama.

Sangat mungkin memikirkan aroma tertentu akan memberikan ketenangan. Hal ini cukup untuk membawa perubahan kognitif di otak sehingga mengurangi kecemasan.

Rasa

Awali pagi dengan kopi atau teh, salad buah, truffle coklat, atau lainnya, lalu ucapkan hal yang sama secara lantang. Jika tidak dapat mencicipi apa pun saat ini, pikirkan dan sebutkan salah satu rasa favorit Anda.

Rasa yang terasa pahit dan tajam dapat memicu efek grounding. Mint, lemon, cokelat, dan lainnya dapat membantu mengaktifkan saraf tertentu yang menyebabkan self regulation.

Menjelang akhir, tarik napas dalam-dalam lagi. Dengan ini diharapkan Anda sudah bisa merasa sedikit lebih tenang.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mengatasi #anxiety #lewat #panca #indra #simak #pahami #langkah #mudah

KOMENTAR