Tas Gucci sampai Mobil, Ini Sederet Aset Riri Khasmita Usai 'Sikat' Tanah Ibu Nirina Zubir Rp17 M
Riri Khasmita (berhijab) menatap sinis ke arah Nirina Zubir. [MataMata.com/Evi Ariska]
15:56
9 April 2024

Tas Gucci sampai Mobil, Ini Sederet Aset Riri Khasmita Usai 'Sikat' Tanah Ibu Nirina Zubir Rp17 M

Sepak terjang Riri Khasmita, mantan asisten rumah tangga (ART) almarhumah ibunda Nirina Zubir, Cut Indria Marzuki, dalam menggasak harta kekayaan majikannya tak henti menjadi buah bibir.

Sebagai pengingat, Riri dan sejumlah pelaku menggelapkan 6 sertifikat tanah ibunda Nirina dengan nilai total Rp17 miliar. Nirina dan keluarga pun memproses masalah tersebut dan berujung membuat Riri divonis 13 tahun penjara, tetapi kini malah digugat balik ke Badan Pertanahan Nasional.

“Itulah Na bingung kok digugat lagi. Na bilang, ‘Berani banget kamu ya, pemerintah pun disikat’. Kemarin juga ada gugatan ke pihak kepolisian, sekarang malah gugat ke BPN, kan semua sudah jelas, kami ahli warisnya, mau apa lagi? Udah dong,” ujar Nirina, dikutip pada Selasa (9/4/2024).

Aset Kekayaan Riri Khasmita

Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]

Riri Khasmita diduga telah menggunakan hasil kejahatannya tersebut untuk membiayai gaya hidup mewahnya sampai bisa memiliki sejumlah aset.

Berikut ini adalah beberapa potret kekayaan yang dimiliki oleh Riri, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Mobil Baru

Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]

Nirina pernah mengungkap eks ART yang sangat dipercaya ibunya itu sampai pernah membeli kendaraan baru dari hasil menilap sertifikat tanah. Padahal, konon mendiang ibu Nirina kemana-mana masih naik angkutan umum.

2. Jalan-jalan dan Kuliah di Luar Negeri

Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]

Uang yang diduga hasil dari menggelapkan tanah belasan miliar Rupiah milik ibunda Nirina juga dipakai untuk plesiran mewah ke luar negeri.

“Dia beli mobil baru Dia jalan-jalan ke luar negeri. Dia sekolahin adiknya ke luar negeri dengan uang yang diduga dari penjualan tanah dan segala bisnis dia,” kata Nirina pada 20 November 2021 silam.

3. Tas Branded

Potret Riri Khasmita tenteng tas Gucci (Instagram/ririkhasmita44)Potret Riri Khasmita tenteng tas Gucci (Instagram/ririkhasmita44)

Tak mau kalah dari sosialita, Riri Khasmita juga disebut-sebut mengoleksi tas branded salah satunya dari jenama Gucci. Dilihat di sebuah foto yang diunggah di Instagram-nya, Riri tampak berfoto dengan para sahabat dengan memakai baju yang sama yakni berwarna merah muda, sembari menenteng tas Gucci.

Jika menenteng tas Gucci orisinal, maka Riri diduga membawa Gucci Medium GG Ophidia Tote. Menurut situs Hunstreet, tas tersebut dibanderol seharga Rp15,45 juta.

4. Bisnis Frozen Food

Eks ART keluarga Nirina Zubir, Riri Khasmita dihadirkan oleh Polda Metro Jaya, Kamis (18/11/2021). [Evi Ariska/Suara.com]Eks ART keluarga Nirina Zubir, Riri Khasmita dihadirkan oleh Polda Metro Jaya, Kamis (18/11/2021). [Evi Ariska/Suara.com]

Asetnya yang lain adalah membangun bisnis frozen food sampai sudah membuka 5 cabang. “Itu mulanya dari kosan Ibu saya, yang tadinya cuma satu freezer, dua freezer, itu juga setelah Mama meninggal dia baru mulai karena pemasukan sudah tidak ada dari Ibu saya,” ungkap Nirina.

Keluarga Nirina awalnya mengizinkan Riri menjalankan bisnis tersebut dari rumah kontrakan milik ibunya, tetapi Riri tidak pernah membayar sewa, hingga belakangan terungkap sudah menggelapkan aset milik majikannya sendiri.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #gucci #sampai #mobil #sederet #aset #riri #khasmita #usai #sikat #tanah #nirina #zubir #rp17

KOMENTAR