8 Tanda Anda Seorang Pemikir yang Sangat Mandiri Menurut Psikologi, Salah Satunya Open Minded
Ilustrasi orang pemikir yang independen (pexels/ Artem Podrez)
09:40
9 April 2024

8 Tanda Anda Seorang Pemikir yang Sangat Mandiri Menurut Psikologi, Salah Satunya Open Minded

– Seorang pemikir yang mandiri tidak hanya memiliki ide-ide kreatif dan unik. Ia juga memiliki kepercayaan diri untuk menyuarakan dan menindaklanjutinya.

Menjadi seorang pemikir yang mandiri ini merupakan kombinasi yang cukup kuat dan ideal. Tidak sedikit orang yang ingin menjadi pribadi yang mandiri namun tidak dengan pemikir.

Rata-rata tidak banyak orang yang suka menjadi pemikir, padahal karakter pemikir ini adalah tipe orang yang sangat hati-hati dan penuh pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Selain itu, orang yang pemikir memiliki kekuatan berpikir yang tajam sehingga intuisinya terus terasah. Namun ada pula orang yang sebenarnya termasuk orang pemikir namun tidak menyadarinya karena belum sepenuhnya memahami tanda-tandanya.

Dilansir dari laman Hackspirit, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan Anda adalah orang yang pemikir dan sangat mandiri:

  1. Memiliki banyak pertanyaan

Seorang pemikir yang independen tidak pernah menerima segala sesuatu dengan begitu saja artinya mereka selalu mempunyai cara ingin tau yang tak terpuaskan.

Sehingga selalu ada dorongan yang kuat untuk membedah, menganalisis dan menantang setiap ide yang muncul. Namun tidak jarang kalau pertanyaan atau apa yang diutarakan sering kali melawan arus jalan berpikir orang pada umumnya.

  1. Tidak takut dengan kesendirian

Tanda lain Anda termasuk orang yang pemikir yang independen adalah tidak masalah dengan kesendirian. Justru mereka menikmati momen kesendirian itu untuk menemukan ide-ide baru.

Mereka lebih suka dengan kesendirian karena bisa dijadikan sebagai kesempatan penting untuk refleksi dan penemuan diri. Dari kesendirian ini justru bisa memunculkan ide kreatif dan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan baik.

  1. Tidak selalu mengikuti trend atau mode

Seorang pemikir yang independen selalu menghindari mode, tren atau segala sesuatu yang menyelaraskan nilai mereka dengan keaslian. Hal ini tentu dibutuhkan sikap berani untuk tampil lebih menonjol dan tampil beda.

Mereka tidak masalah untuk tampil beda karena itu termasuk tanda penghormatan.

  1. Memiliki pikiran yang terbuka

Seorang pemikir yang independen memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan yang tinggi sehingga cenderung berpikir terbuka dan menerima ide-ide baru. Keterbukaan ini menjadi salah satu bukti keingintahuan intelektual mereka dan kemauan untuk berkembang.

Rasa ingin tahu yang besar membuat mereka mencari informasi, ide dan sudut pandang baru sekalipun bertentangan dengan hal yang diyakini.

 

  1. Tidak takut dengan ketidakpastian

Apabila pada umumnya orang selalu mengharapkan sebuah kepastian, namun berbeda dengan orang pemikir yang independen. Mereka justru mengharapkan ketidakpastian tersebut untuk media dirinya berkembang. 

Tidak hanya itu, ketidakpastian juga dijadikan sebagai ruang dimana kreativitas berkembang dan melahirkan ide-ide baru. Menurut psikolog dan psikoanalisa Erich Fromm menyatakan bahwa kreativitas membutuhkan keberanian untuk melepaskan kepastian. 

  1. Memiliki keterampilan memecahkan masalah yang luar biasa

Seorang pemikir yang mandiri tidak suka menghindari sebuah tantangan sehingga mereka terlahir alami untuk mahir dalam memecahkan masalah. Mereka beranggapan bahwa tantangan justru sebagai peluang untuk belajar dan berkembang.

Apabila Anda merupakan tipe orang yang senang menyelesaikan masalah dan melihat tantangan sebagai peluang bukan hambatan maka kemungkinan besar Anda memiliki kemampuan berpikir mandiri yang luar biasa.

  1. Tidak suka dengan popularitas

Lebih mengutamakan kejujuran daripada menjadi populer adalah salah satu tanda yang menunjukkan bahwa Anda termasuk seorang pemikir yang mandiri. Mereka memahami pentingnya bersikap autentik dan tidak takut menunjukkan keasliannya.

Pada dasarnya dibutuhkan keberanian yang sangat besar untuk menjadi otentik di dunia yang sering kali menghargai kesesuaian. Jika Anda termasuk dalam kategori sering lebih menghargai keaslian daripada popularitas maka kemungkinan besar Anda adalah seorang pemikir yang mandiri.

  1. Memiliki motivasi dan disiplin yang kuat

Tanda terakhir seorang pemikir mandiri adalah memiliki dorongan internal yang mendorong mereka untuk bereksplorasi, belajar dan berkreasi tanpa batas.

Motivasi tersebut yang bisa membantu mereka untuk berkembang dan lebih maju. Selain itu, mereka juga memiliki kedisiplinan tinggi.

Apabila Anda memiliki dorongan dan disiplin yang kuat untuk mencapai tujuan Anda maka kemungkinan besar Anda seorang pemikir yang mandiri.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #tanda #anda #seorang #pemikir #yang #sangat #mandiri #menurut #psikologi #salah #satunya #open #minded

KOMENTAR