Riwayat Pendidikan Inul Daratista yang Adabnya Pas Bagi THR Disorot
Inul Daratista (Instagram/@inul.d)
15:03
8 April 2024

Riwayat Pendidikan Inul Daratista yang Adabnya Pas Bagi THR Disorot

Pedangdut Inul Daratista belakangan ini menjadi perbincangan publik. Penyebabnya, sosoknya dinilai kurang adab saat membagikan tunjangan hari raya (THR) beberapa waktu lalu.

THR itu diberikan Inul di kampung halamannya, Pasuruan, Jawa Timur dan diabadikan dalam sebuah video yang ia unggah dalam akun Instagramnya, @inul.id.

Dalam video, terlihat Inul membagikan sebuah amplop berwarna putih yang berisikan sejumlah uang. Istri Adam Suseno ini juga menyediakan sejumlah bingkisan dalam kantong plastik berwarna merah.

"Inshaa Allah tiap tahun makin bertambah rezeki. Alhamdulillah tak kurang suatu apapun Allah ya Rabb. Semua dicukupkan dilebihkan. Mudik berbagi," tulis Inul Daratista dalam postingannya.

Namun video itu mendapatkan kritikan dari warganet. Aksi Inul membagikan THR di depan rumahnya dinilai kurang pantas. Pasalnya, penerima THR dan bingkisan itu didominasi warga lanjut usia. Sementara proses pembagiannya dianggap semrawut.

"Mbak besok-besok (pas bagi THR) lagi kasih tali atau benang gitu loh biar mereka bisa tertib ngantri gak semrawut gitu," komentar salah satu warganet.

Alih-alih menerima saran dari warganet, Inul malah beralasan kondisi yang demikian sudah biasa setiap tahunnya.

"Halah tiap tahun begini mas wkwkwk. Orang tua-tua mah suka begini asik aja. Katanya pada srondol-srondol (desak-desakan) biar dikasih kursi ya pada berdiri. Kursinya ditinggal, takut ga kebagian katanya hahaha padahal aku sudah bikin bingkisannya 1000-an lebih," jawab Inul Daratista.

Momen tersebut membuat tak sedikit orang yang penasaran dengan latar belakang Inul, termasuk riwayat pendidikannya. Berikut ulasannya.

Profil singkat Inul Daratista

Potret Inul Daratista Berambut Pendek dan Blonde (Instagram/inul.d)Potret Inul Daratista Berambut Pendek dan Blonde (Instagram/inul.d)

Pemilik Goyang Ngebor itu lahir di Pasuruan, pada 21 Januari 1979 dengan nama asli Ainur Rokhimah.

Ia memulai kariernya sebagai penyanyi dangdut ketika tampil di sejumlah panggung acara rakyat di kampung halamannya.

Tanpa ia sadari, aksi panggungnya direkam dan diabadikan dalam bentuk VCD dan tersebar luas di masyarakat.

Sejak itulah sosoknya mulai dikenal, terlebih Inul memiliki ciri khas, yakni goyangan pinggul yang meliuk-liuk, yang dikenal dengan Goyang Ngebor.

Industri musik dalam negeri lalu mulai meliriknya dan mengorbitkannya di panggung hiburan nasional hingga kini

Pendidikan Inul Daratista

Pendangdut Inul Daratista beraksi pada acara Pendangdut Inul Daratista beraksi pada acara "Pestapora 2022" di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/9/2022). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU]

Berbicara soal pendidikan, tak banyak informasi yang bisa digali di dunia maya mengenai riwayat pendidikan si Ratu Ngebor ini.

Dari berbagai sumber disebutkan, Inul tidak menyelesaikan pendidikannya karena menjadi penyayi keliling untuk bertahan hidup.

Hal itu diakui langsung oleh istri Adam Suseno itu melalui salah satu unggahan di akun instagramnya. Dalam unggahan itu, Inul menyebut dirinya tidak melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat SMA.

"Piye? Sik pantes tah kunciran gini? Tapi nek suruh sekolah maneh wis males," ujar Inul Daratista mengawali.

Ibu satu anak ini juga mengakui kalau gagal di hampir semua mata pelajaran, kecuali pelajaran agama dan kesenian.

"Coba nek zaman sekarang. Ndasku dikeplak lapor si mbok, terus iso dipecat gurune. Nilai kesenian 90, nilai agama 95. Yang lain nilainya nggak jelas. Tergantung teman mana yang mau kasih contekkan," sambungnya.

Meski hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Inul mengaku tidak masalah dan tidak pernah menyesalinya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #riwayat #pendidikan #inul #daratista #yang #adabnya #bagi #disorot

KOMENTAR