Profil Mbah Benu, Pemimpin Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Ngaku Ditelepon Allah
Pemimpin jemaah Aolia, Raden Ibnu Hajar Saleh alias Mbah Benu. [Tangkapan Layar Youtube Official NET]
17:01
7 April 2024

Profil Mbah Benu, Pemimpin Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Ngaku Ditelepon Allah

Publik dikejutkan oleh jemaah Masjid Aolia, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di mana mereka melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah pada Jumat 5 April 2024.

Soal alasannya, pemimpin jemaah Aolia mengaku ditelepon Allah untuk lebaran lebih cepat. Hal ini lantas membuat publik menilai mereka sesat dan sosok pemimpinnya menuai rasa penasaran.

Sosok Pemimpin Jemaah Aolia 

Pemimpin jemaah Aolia adalah Raden Ibnu Hajar Shaleh atau Mbah Benu. Informasi tentangnya ini dapat ditemukan melalui tesis berjudul ‘Dekonstruksi Mitos Kanjeng Ratu Kidul dalam Pendidikan Akidah Perspektif KH Raden Ibnu Hajar Shaleh Pranolo 1942-Sekarang (2017)’.

Tesis tersebut merupakan karya mahasiswa Magister PAI IAIN Purwokerto, Mohamad Ulyan. Di sana tertulis bahwa Mbah Benu lahir di Pekalongan, pada 28 Desember 1942.

Ia kemudian besar di Solotiyang, Maron, Purworejo. Di sisi lain, pendidikan agama yang diperoleh Mbah Benu berasal dari ayahnya, yakni Kyai Soleh bin KH Abdul Ghani bin Kyai Yunus.

Ayahnya itu lulusan pesantren Lirboyo dan diketahui murid dari Mbah Kholil Bangkalan. Mbah Benu sendiri sempat berkuliah di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Namun, ia memutuskan drop out (DO) atau keluar pada semester akhir. Adapun alasannya karena enggan memakan uang orang sakit yang sedang menderita dan berduka. Meski begitu, tak diketahui siapa sosok yang dimaksud.

Setelah itu, Mbah Benu menetap di Gunungkidul untuk mencuri hati seorang gadis yang bertugas sebagai bidan di Kecamatan Panggang. Adapun wanita ini kemudian menjadi istrinya.

Sementara itu, jemaah Masjid Aolia dipimpin oleh Mbah Benu yang dianggap sebagai mursyid atau guru. Adapun mereka diketahui menganut aliran Ahlussunah Wal Jamaah.

Mereka mengikuti dan berpegang teguh terhadap sunah Nabi dan sunah khulafaurrasyidin. Hingga kini, jemaah Aolia sudah tersebar di berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah dan DIY.

Menurut cerita, Mbah Benu pernah dibimbing oleh mursyid-mursyid, seperti Gus Jogo Rekso di Muntilan. Tak hanya dalam negeri, jemaah Aolia juga disebut ada sampai ke luar negeri.

Beberapa di antaranya berada di Inggris, India, dan Malaysia. Para jemaah itu tidak didaftar atau dicatat, sehingga Mbah Benu mengaku tak mengetahui berapa jumlah orangnya.

Mbah Benu Minta Maaf Soal Ditelepon Allah

Usai pernyataannya viral hingga dikecam, Mbah Benu kemudian membuat klarifikasi. Ia juga meminta maaf kepada seluruh pihak atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

"Terkait pernyataan saya tentang telpon gusti Allah. Itu hanya istilah dan yang sebenarnya adalah perjalanan spiritual saya kontak batin dengan Allah. Apabila pernyataan saya menyinggung atau tidak berkenan saya mohon maaf kepada semua pihak," kata Mbah Benu.

Video itu dibenarkan oleh putra kelima Mbah Benu, Daud Mustain B. Ia ikut meminta maaf atas kegaduhan tersebut dan mengatakan saat ini semuanya sudah terkondisikan dengan baik. 

"Saya mewakili keluarga besar mohon maaf sebesar-besarnya. Seharusnya tidak untuk konsumsi publik. Jadinya menimbulkan kegaduhan," kata Mustain.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #mbah #benu #pemimpin #jemaah #aolia #gunung #kidul #yang #ngaku #ditelepon #allah

KOMENTAR