Zara Lepas Hijab Saat Ramadhan, Intip Lagi 9 Perjanjian Ketat dengan Ridwan Kamil
Camillia Laetitia Azzahra, putri Ridwan Kamil. (Instagram)
15:02
7 April 2024

Zara Lepas Hijab Saat Ramadhan, Intip Lagi 9 Perjanjian Ketat dengan Ridwan Kamil

Keputusan Camillia Laetitia Azzahra untuk melepas hijabnya tak henti menuai pro dan kontra. Tentu saja keputusan mahasiswi yang akrab disapa Zara ini membuat kedua orangtuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, ikut menjadi perbincangan.

Padahal lewat unggahan Instagram-nya, Zara sudah meminta agar publik tidak menyalahkan orangtuanya. “Jangan menyalahkan orangtuaku. Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan beragama, dan ini semua adalah pilihanku sendiri,” ungkap Zara, dikutip pada Minggu (7/4/2024).

Keputusan Zara ini membuat pola asuh Kang Emil dan Ibu Cinta juga menjadi perbincangan. Salah satunya adalah dengan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan almarhum Emmeril Kahn Mumtaz dan Zara pada tahun 2016.


Dilihat di unggahan Kang Emil pada pertengahan 2023 silam, eks Gubernur Jawa Barat itu mengunggah hasil cetak MoU yang diketik mendiang Eril dan disepakati oleh seluruh anggota keluarganya.

7 tahun lalu, antara saya, mamah @ataliapr, alm A Eril dan Zara. Draft MoU diketik alm A Eril. Alhamdulillah mayoritas dipatuhi anak-anak,” tulis Kang Emil di kolom caption.

Total ada 9 butir MoU yang disetujui oleh Eril dan Zara. Termasuk di antaranya juga ada kesepakatan tentang nilai-nilai keagamaan keluarga Kang Emil yang belakangan menjadi sorotan setelah Zara memutuskan melepas hijabnya.

Poin pertama di MoU itu adalah menjadikan orang tua sebagai prioritas. “2. Cek Line berkala. Jawab kalau ada pertanyaan. 3. Bereskan kamar masing-masing, termasuk kamar mandi,” begitulah poin selanjutnya di MoU.


Kang Emil juga meminta anak-anaknya untuk disiplin mempersiapkan kebutuhan sekolah, seperti buku pelajaran dan seragam, maksimal sehari sebelumnya. Selain itu ada ketentuan mengikat juga tentang jam malam.

5. Kabari kalau Maghrib belum sampai rumah. 6. Bangun subuh pas adzan berkumandang. 7. Belajar/ngaji bersama jam 8 malam,” imbuhnya lagi, merujuk pada nilai keagamaan yang coba ditanamkan oleh Kang Emil dan istri kepada kedua anaknya.

Lalu poin MoU lain membahas soal uang saku, meski ada perubahan sebab batal diberikan setiap dua minggu sekali. “Bila perlu tambahan uang harus kerja dulu, contoh: mencuci mobil, mengurus max, mengurus sepeda, dll. 9. Jaga kebersihan tubuh dan belajar manner,” tandasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #zara #lepas #hijab #saat #ramadhan #intip #lagi #perjanjian #ketat #dengan #ridwan #kamil

KOMENTAR