Putuskan Lepas Hijab, Zara Anak Ridwan Kamil Kuliah Jurusan Apa di Inggris?
Zara Anak Ridwan Kamil. (Instagram)
17:05
6 April 2024

Putuskan Lepas Hijab, Zara Anak Ridwan Kamil Kuliah Jurusan Apa di Inggris?

Camillia Laetitia Azzahra atau Zara menjadi sorotan usai memutuskan untuk melepas hijab. Pengumuman ini disampaikan anak mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Atalia Praratya di akun Instagram.

Melalui akun Instagram pribadinya, Camillia Azzahra mengaku keputusan lepas kerudung ini sudah didiskusikannya dengan keluarga. Keputusan ini sendiri dilakukan Zara saat menempuh kuliah di Inggris.

Perempuan kelahiran 2004 ini juga menegaskan putusan tidak mengenakan hijab diambil bukan karena paksaan lingkungan sekitar, melainkan dari hatinya sendiri.

Terakhir, Zara mengatakan bukan tidak mungkin di masa mendatang ia akan kembali mengenakan kerudung. Sedangkan sekarang, Zara mengaku masih ingin melakukan pencarian terlebih dahulu.

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri. Bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Izinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," tulis Zara dalam Instagramnya.

Mengenai itu, menarik untuk melihat pendidikan Zara di Inggris. Apa jurusan yang diambil putri Kang Emil ini?

Pendidikan Camillia Laetitia Azzahra

Ridwan Kamil dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra. (Instagram)Ridwan Kamil dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra. (Instagram)

Camilla Laetitia Azzahra adalah anak kedua dari pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Zara kini berusia 19 tahun. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat pada 17 Agustus 2004.

Zara sendiri mempunyai kakak laki-laki bernama Emmeril Kahn Mumtadz. Namun, Eril sang kakak sudah meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aaree di Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Zara juga memiliki seorang adik lelaki bernama Arkana Aidan Misbach.

Putri Ridwan Kamil ini sudah menunjukkan bakat seni sejak usia belia. Ia pernah mengikuti ajang bakat bernyanyi, The Voice Kids Indonesia pada usia 13 tahun. Ia menyanyi di hadapan juri papan atas Tanah Air, yaitu Agnez Mo, Marchel dan Kaka Slank.

Kala itu, Zara membawakan lagu berjudul Bimbang yang diciptakan oleh Melly Goeslaw. Saat tampil, Zara juga didampingi oleh kedua orang tuanya yang menonton di belakang panggung.

Sementara itu, rekam jejak pendidikan Zara juga cukup mentereng. Ia menempuh pendidikan SMP di SMP Darul Hikam pada tahun 2019. Usai lulus, ia melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 3 Kota Bandung dan lulus pada 2021.

 Zara kemudian mengikuti jejak sang kakak dan ayahnya saat kuliah. Ia masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mengambil jurusan Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan melalui jalur prestasi pada 2022.

Namun belum genap dua tahun kuliah, Zara memutuskan hengkang dari ITB. Ia justru memilih merantau dengan melanjutkan di Inggris. Ia mengambil jurusan Arsitektur di Newcastle University.

Momennya Zara kuliah di Inggris ini dibagikannya di akun Intagram. Dalam postingannya, terlihat ia membuat sebuah project bersama teman-temannya.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #putuskan #lepas #hijab #zara #anak #ridwan #kamil #kuliah #jurusan #inggris

KOMENTAR