Simak 7 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan agar Tetap Awet Muda Seiring dengan Bertambahnya Usia
Ilustrasi wanita yang tampak awet muda karena selalu menjaga pola tidur dan kesehatan mental. (freepik/cookie_studio)
09:40
4 April 2024

Simak 7 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan agar Tetap Awet Muda Seiring dengan Bertambahnya Usia

 – Seiring bertambahnya usia yang difokuskan sebenarnya bukanlah hanya soal perubahan fisik namun juga beberapa kebiasan yang sudah lama mengakar.

Pada umumnya banyak orang berpikir agar tetap awet muda harus menggunakan skincare dan perawatan yang mahal. Pasalnya merawat badan dan wajah tidak melulu soal perawatan dari luar perlu juga dari dalam.

Salah satunya dengan menghilangkan beberapa kebiasaan yang kurang baik karena tanpa disadari kebiasaan tersebut bisa menjadi peluang untuk menghambat masa muda yang ingin Anda pertahankan.

Dilansir dari laman Hackspirit, ada beberapa kebiasaan yang harus ditinggalkan agar bisa membuat selalu awet muda seiring bertambahnya usia diantaranya :

1. Tidak mempedulikan diet

Kebiasaan yang harus ditinggalkan pertama kali adalah tentang makanan yang kita konsumsi. Di era sekarang tak sedikit orang yang tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Pasalnya faktor penuaan tubuh bisa dipicu karena banyak faktor salah satunya makanan. Sering mengonsumsi makanan olahan, makanan manis, dan camilan yang berlemak bisa mempercepat proses penuaan tubuh.

Untuk menggantinya bisa memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.

2. Kurang tidur

Kebiasaan lain yang bisa memperburuk kesehatan di usia tua yaitu pola tidur yang tidak teratur sehingga jam tidur berkurang. Tak sedikit anak muda zaman sekarang tidak memperhatikan pola tidur bahkan sering begadang untuk hal-hal yang kurang produktif.

Cepat lambatnya penuaan tubuh bisa dipicu dari kualitas tidur. Ketika tidur sudah cukup maka bisa menyegarkan tubuh sehingga sehat dari dalam.

3. Hidup dalam keadaan stress yang terus menerus

Dalam kehidupan tentu tidak ada yang berjalan sempurna dan mulus, selalu ada hal yang diluar ekspektasi dan membuat diri kecewa bahkan stress.

Pasalnya terlalu stress mampu membuat diri semakin lebih cepat tua. Cara untuk mengatasinya adalah belajar cara mengelola stress misalnya dengan cara yoga, meditasi, jalan-jalan, dan sebagainya yang cocok dengan kesukaan Anda.

4. Kurangnya aktivitas fisik

Pada umumnya semakin bertambahnya usia justru semakin malas untuk bergerak hingga olahraga. Padahal hal ini bisa membuat tubuh sehat dan tampak awet muda.

Kebiasaan satu ini harus pelan-pelan ditinggalkan, Anda bisa memulai menjadwalkan aktivitas rutin mulai dari yang sederhana seperti lari kecil, sesi yoga dan jalan singkat.

5. Mengabaikan kesehatan mental

Kesehatan mental bisa saja terganggu seiring dengan berjalannya waktu yang bisa dipicu oleh beberapa sebab mulai dari stress, depresi, trauma dan sebagainya.

Pasalnya apabila kesehatan mental terganggu bisa nampak secara fisik salah satunya mempercepat proses penuaan.

6. Bersikap terlalu keras pada diri sendiri

Kebiasaan lain yang harus ditinggalkan adalah bersikap terlalu keras ada diri sendir. Hal ini membuat bisa mempercepat penuaan. Lebih baik belajar menerima dan melatih cinta daripada selalu mengomentari diri sendiri dengan prasangka yang buruk.

7. Mengabaikan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Kebiasaan lain yang perlu diperhatikan agar selalu awet muda yaitu rajin melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini bertujuan agar bisa membantu dalam mendeteksi dini potensi masalah dan membuat Anda tetap waspada terhadap kesehatan. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #simak #kebiasaan #yang #harus #ditinggalkan #agar #tetap #awet #muda #seiring #dengan #bertambahnya #usia

KOMENTAR