Perlu Dihindari! Ini 8 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Pasangan Anda Jika Ingin Hubungan Awet
Ilustrasi pasangan suami istri yang sedang berdiskusi dengan kalimat dan komunikasi yang sehat (freepik/tirachardz)
12:46
2 April 2024

Perlu Dihindari! Ini 8 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Pasangan Anda Jika Ingin Hubungan Awet

 – Salah satu kunci yang membuat hubungan awet adalah komunikasi yang baik dan sehat. Komunikasi disini bukan tentang mengatakan apapun yang terlintas dalam pikiran.

Namun tentang memahami sudut pandang pasangan Anda, mengungkapkan perasaan dengan hormat dan santun serta memupuk lingkungan yang saling percaya dan pengertian.

Tidak sedikit yang salah paham memaknai komunikasi sehingga sering muncul kata atau ungkapan yang justru sebagai granat emosional.

Bukan membuat hubungan erat justru membumbui komunikasi yang awal tujuan baik menjadi kurang tepat saat disampaikan dengan rasa emosi.

Dalam hubungan terutama pernikahan memang tidak semua harus diucapkan terlebih menggunakan diksi yang menyakiti.

Dilansir dari laman Hackspirit.com, terdapat beberapa kalimat yang harus dihindari agar hubungan awet dan sehat diantaranya :

1. Jika kamu mencintaiku, kamu akan …

Kalimat ini memang terlihat tidak berbahaya namun mengandung ancaman yang tersirat dan manipulasi emosional yang mana hal ini bisa merusak kepercayaan dan menumbuhkan kebencian.

Selain itu, kalimat ini juga membentuk dinamika kekuatan dimana salah satu pasangan berusaha mengendalikan perilaku pasangannya dengan memanfaatkan perasaan cintanya.

2. Kamu sama seperti ibu atau ayahmu

Kalimat ini merupakan alat untuk membandingkan pasangan Anda dan orang tuanya menjadi topik yang sensitiF dan mudah menimbulkan kebencian.

Kalimat ini juga merupakan asumsi pasangan Anda yang memiliki sifat negatif yang saman seperti yang Anda kaitkan dengan orang tuanya.

3. Kamu selalu atau kamu tidak pernah

Kalimat ini sudah pasti bisa merusak hubungan karena cenderung memperbesar konflik dan menciptakan reaksi defensif sehingga menyulitkan pasangan Anda untuk mendengarkan kekhawatiran mendasar Anda.

4. Mengapa kamu tidak bisa menjadi lebih seperti…

Kalimat ini merupakan serangan langsung terhadap harga diri dan individualitas pasangan Anda. Tak hanya itu, frase ini sama halnya mencoba membentuk pasangan Anda menjadi orang lain.

5. Ini salahmu

Perselisihan atau konflik dalam sebuah hubungan tentu sangat wajar. Namun menjadi tidak wajar jika menyalahkan pasangan dengan mengatakan “ini salahmu”.

Hal tersebut merupakan pendekatan reaktif yang menghambat pemahaman dan penyelesaian masalah. Menyalahkan pasangan jiak menyebabkan efek jangka panjang mulai dari sikap defensif, menyakiti pasangan, hingga melemahkan ikatan hubungan Anda.

6. Saya baik-baik saja

Kalimat ini terlihat tidak ada yang salah namun frase ini justru sering digunakan untuk menutupi perasaan tidak puas, sakit hati atau frustasi yang lebih dalam.

7. Kamu bereaksi berlebihan

Kalimat ini sama halnya Anda tidak menghormati pengalaman emosional pasangan dan menciptakan hambatan komunikasi

 

8. Terserah

Frase ini sering sekali diucapkan karena banyak meremehkan tidak ada efek buruk dari kalimat ini. Namun jika kalimat ini diucapkan dengan nada meremehkan saat terjadi perselisihan maka bisa membahayakan hubungan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #perlu #dihindari #kalimat #yang #tidak #boleh #diucapkan #kepada #pasangan #anda #jika #ingin #hubungan #awet

KOMENTAR