Deretan Aset Milik Harvey Moeis, Terancam Disita Usai Jadi Tersangka Korupsi Timah?
Koleksi Mobil Mewah Harvey Moeis Suami Artis Cantik Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Kasus Korupsi. (Foto: Tangkapan Layar/IG)
10:59
29 Maret 2024

Deretan Aset Milik Harvey Moeis, Terancam Disita Usai Jadi Tersangka Korupsi Timah?

Harvey Moeis resmi ditetapkan sebagai tersangka ke-16 dalam kasus korupsi komoditas timah Bangka Belitung. Kasus itu turut menyeret nama crazy rich PIK, Helena Lim yang ikut menerima aliran keuntungan dari penyelewengan pencucian uang dengan dalih kerja sama IUP PT Timah Tbk dengan beberapa perusahaan smelter.

Harvey harus menjalani proses penahanan selama 20 hari terhitung sejak Rabu (26/3/2024) oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Akibat kasus korupsi ini, Harvey dan para tersangka merugikan negara hingga Rp 271 triliun.

Sebelumnya, suami Sandra Dewi ini dikenal sebagai pengusaha kaya dan keturunan konglomerat dengan kehidupan yang mewah. Namun, kasus korupsi yang menjerat Harvey membuat beberapa aset pribadi Harvey yang diduga hasil dari kasus korupsinya terancam akan disita Kejagung.

Lalu, apa saja deretan aset Harvey Moeis yang terancam disita?

Jet pribadi

Pada tahun 2019, Harvey dan Sandra Dewi pernah membeli jet pribadi jenis Bombardier Challenger 605 yang diberikan kepada anak pertamanya, Raphael Moeis saat sang putra genap berusia 2 tahun.

Jet pribadi tersebut ditaksir bernilai $27 juta atau sekitar Rp428,5 miliar dengan biaya perawatan pertahun mencapai Rp32 miliar. Jet tersebut kerap digunakan keluarga Harvey untuk mengantarkan mereka berlibur ke luar negeri.

Rumah mewah

Rumah pribadi milik Harvey yang kini ditinggalinya bersama sang istri, Sandra Dewi dan kedua putranya diperkirakan bernilai hingga Rp 271 miliar. Rumah mewah tersebut terdiri dari 4 lantai dengan berbagai fasilitas mewah lengkap dengan eksterior dan interior khas Eropa.

Di dalam rumah tersebut terdapat banyak fasilitas, seperti lift, kolam renang, studio khusus, hingga berbagai ornamen mewah yang diimpor langsung dari luar negeri untuk menambah kesan mewah pada hunian pasutri itu.

Koleksi kendaraan pribadi

Kehidupan Harvey dan Sandra Dewi sebagai konglomerat pun tak lepas dari berbagai koleksi kendaraan mewah milik mereka yang menghiasi garasi rumah.

Harvey diketahui pernah membeli mobil mewah Rolls Royce yang harganya ditaksir mencapai miliaran rupiah untuk keluarganya. Sandra Dewi juga pernah mendapatkan hadiah mobil Mini Cooper berwarna merah yang ditaksir seharga Rp 1 miliar sebagai kado ulang tahun dari sang suami.

Tak hanya itu, Harvey juga memiliki mobil pribadi Toyota Alphard senilai Rp 1,5 miliar serta mobil Lexus Lexus LX 570 senilai Rp 3,5 miliar.

Harvey juga diketahui memiliki mobil Mercedes-Benz SLS AMG yang mencapai Rp9 miliar hingga Rp 10 miliar per unit.

Sandra Dewi juga pernah mengunggah foto sang putra Raphael Moeis yang sedang asyik duduk di sebuah motor mewah Ducati yang ditaksir berharga ratusan juta rupiah serta sang suami dengan mobil Ferrari bernilai miliaran rupiah.

Mobil Ferrari ini diduga merupakan pemberian pihak Ferrari Indonesia yang sudah mendaulat Harvey Moeis dan anak sulungnya sebagai brand ambassador Ferrari Indonesia.

Kini, berbagai aset tersebut pun terancam akan segera disita Kejagung sebagai barang bukti kasus korupsi yang menjerat Harvey Moeis.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #deretan #aset #milik #harvey #moeis #terancam #disita #usai #jadi #tersangka #korupsi #timah

KOMENTAR