Sulit Menolak Permintaan Orang Lain? Begini 6 Tips Mengatakan ‘Tidak’ dengan Sopan dan Tegas
Ilustrasi seorang wanita menolak permintaan orang lain. (Sumber foto: Freepik)
11:58
28 Maret 2024

Sulit Menolak Permintaan Orang Lain? Begini 6 Tips Mengatakan ‘Tidak’ dengan Sopan dan Tegas

Pernahkah Anda menemukan diri berada di persimpangan jalan setiap kali harus mengatakan ‘tidak’ kepada siapa pun di bidang pribadi atau profesional?

Baik itu ajakan bertemu, melakukan tugas baru, permintaan bantuan, atau apa pun dalam kehidupan umum, wajar jika sulit untuk mengatakan tidak.

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin dianggap kasar atau tidak baik. Berkata ‘tidak’ bisa menjadi hal yang lebih buruk bagi mereka yang menyukai orang lain. Jadi, mereka cenderung menyetujui apa saja.

Terkadang, ini bisa menjadi mudah dikatakan. Namun, jika mengatakan 'tidak' bukanlah hal yang wajar bagi Anda, kebiasaan ini pada akhirnya dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Kita tidak pernah ingin menyakiti orang lain dengan menolak peluang baru. Meski begitu, kita tetap perlu belajar mengatakan tidak dengan sopan pada saat-saat tertentu.

Dikutip dari Healthshots, Kamis (28/3), berikut beberapa tips dari psikiater Sarthak Dave soal bagaimana Anda bisa menolak seseorang dengan cara sopan dan tegas:

1. Terima ajakannya terlebih dahulu

Mulailah dengan menunjukkan apresiasi atas ajakan atau undangan yang diberikan kepada Anda. Daripada terang-terangan mengatakan ‘tidak’, pertama-tama Anda bisa memberikan rasa hormat kepada orang lain yang menawarkan ajakan tersebut. Hal ini membantu meredam penolakan terhadap lawan bicara.

2. Nyatakan alasan penolakan dengan jelas

Ketika kita tidak menyukai apa yang ditawarkan atau diusulkan, kita cenderung menutup-nutupi pembicaraan daripada menolaknya dengan sopan agar tidak terdengar blak-blakan. Kita harus selalu bertindak bijaksana dan rasional dan memberikan alasan menolak tawaran tersebut. Trik terbaik adalah mencoba dan tidak bersikap samar-samar.

 

3. Jaga nada bicara tetap sopan

Mengatakan ‘tidak’ tak selalu berarti tidak beradab atau tidak sopan. Sambil menjelaskan dengan jelas alasan Anda mengatakan tidak, Anda bisa menjaga nada sopan dalam percakapan. Dengan begitu, alih-alih merasa sakit hati, orang yang mengajak akan memahami dan berempati untuk memahami mengapa Anda menolak tawaran tersebut.

“Gunakan bahasa yang sopan dan pertahankan nada hormat sepanjang percakapan,” saran sang pakar.

4. Ekspresikan empati karena menolak tawaran tersebut

Setelah menghargai kebaikan hati seseorang dengan mengajukan tawaran, Anda juga bisa mengatakan ‘tidak’ secara sopan dengan mengungkapkan penyesalan karena tidak bisa memenuhi permintaannya. Dengan melakukan ini, Anda mencoba menyampaikan bahwa Anda akan memenuhinya jika berada dalam situasi yang lebih menguntungkan.

5. Anda dapat menyarankan solusi alternatif

Mengatakan ‘tidak’ tak selalu berarti menutup pintu diskusi. Menyarankan solusi atau cara alternatif untuk membantu tanpa sepenuhnya berkomitmen pada permintaan awal. Anda dapat mempertimbangkan sesuatu yang tampaknya lebih layak atau bisa menebus penolakan tersebut.

6. Akhiri percakapan dengan nada positif

Akhiri percakapan dengan nada positif untuk menjaga niat baik. Meskipun Anda tidak dapat mewajibkan orang lain memenuhi permintaan tersebut, Anda akan menebusnya dengan menerima sesuatu yang lain di masa depan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #sulit #menolak #permintaan #orang #lain #begini #tips #mengatakan #tidak #dengan #sopan #tegas

KOMENTAR