Jadi Tersangka Korupsi, Kekayaan Harvey Moeis Tak Main-Main di Level Internasional
Sandra Dewi dan Harvey Moeis. [Instagram/sandradewi88]
09:43
28 Maret 2024

Jadi Tersangka Korupsi, Kekayaan Harvey Moeis Tak Main-Main di Level Internasional

Harvey Moeis (HM), suami aktris Sandra Dewi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk 2015-2022. Harvey Moeis jadi tersangka ke-16 tindak korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 271,06 triliun.

Penetapan Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi itu diumumkan oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu (27/3/2024) malam kemarin. Kejagung RI telah mendapat 2 alat bukti yang cukup untuk menetapkan Harvey menjadi tersangka dalam kasus korupsi PT Timah ini. Atas dasar itu, Harvey akan ditahan di Rutan Salemba di Kejari untuk kepentingan penyidikan selama 20 hari ke depan.

Gara-gara jadi tersangka kasus korupsi, harta kekayaan Harvey Moeis ikut dikulik. Lantas berapa harta kekayaan Harvey Moeis, suami Sandra Dewi? Simak penjelasan berikut ini.

Kekayaan Harvey Moeis

Sandra Dewi dan Harvey Moeis. [Instagram/sandradewi88]Sandra Dewi dan Harvey Moeis. [Instagram/sandradewi88]

1. Pengusaha Batubara

Sumber kekayaan Harvey Moeis berasal dari bisnis batubara. Sebagai pengusaha batubara, Harvey disebut-sebut menguasai tambang batubara di Bangka Belitung yang menjadi kampung halaman Sandra Dewi. 

Salah satu bisnis Harvey adalah PT Multi Harapan Utama. Di perusahaan batubara itu, dia menjabat sebagai Presiden Komisaris. Harvey juga memiliki saham di 5 perusahaan batubara yakni PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa dan PT Stanindo Inti Perkasa. 

Selain itu Harvey juga tercatat punya sebagian saham dari perusahaan pertambangan batu bara PT ABM Investama Tbk. (ABMM) sebesar US$185,6 juta atau berkisar Rp2 triliun dengan besaran 18,17 persen dari seluruh kontrak.

2. Punya Jet Pribadi

Harvey diketahui membeli sebuah pesawat jet pribadi yang dihadiahkan untuk putra sulungnya, Raphael Moeis. Meski begitu, Harvey jarang mengunggah foto di dalam jet tersebut. 

Bahkan Sandra Dewi hanya satu atau dua kali saja posting foto di jet miliknya. Hal ini dapat diketahui lewat Instagram sang anak @raphaelmoeis.

Meski punya kekayaan melimpah mulai dari rumah mewah, mobil mewah hingga jet pribadi, Harvey dan Sandra Dewi jarang pamer kekayaannya itu.

3. Keluarga Konglomerat

Biarpun sudah menikah dengan publik figur seperti Sandra Dewi, Harvey Moeis tetap menjaga privasi dan tak membiarkan kehidupan pribadinya terekspos. Harvey bahkan tak menggunakan media sosial. 

Kabarnya orangtua Harvey bukan orang sembarangan. Dia lahir dari pasangan konglomerat yakni Irma Silviani sedangkan sang ayah, Hayong Moeis telah meninggal dunia.

4. Duta Ferrari Roma 

Harvey Moeis dan sang putra, Raphael Moeis sempat menjadi duta produk Ferrari Roma. Video iklan mereka sebagai Brand Ambassador (BA) juga sempat dibagikan oleh Sandra Dewi di akun Instagram milikinya. 

Terpilihnya Harvey Moeis untuk mewakili sekaligus menggambarkan ayah-ayah di Indonesia yang bermain dan mengurus anak sebelum berangkat kerja. 

Harvey dan Raphael Moeis bersanding dengan Adam Levine dan Behati Prinsloo yang merupakan BA untuk Amerika Serikat. Selain itu, Harvey juga bersanding dengan Jung Hae In yang jadi BA untuk wilayah Korea Selatan.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #jadi #tersangka #korupsi #kekayaan #harvey #moeis #main #main #level #internasional

KOMENTAR