Raih Pahala Melimpah dari Allah SWT, Ini Amalan yang Dianjurkan Dilakukan Saat Nuzulul Quran Beserta Keutamaannya
background banner nuzulul quran (pexels)
09:36
28 Maret 2024

Raih Pahala Melimpah dari Allah SWT, Ini Amalan yang Dianjurkan Dilakukan Saat Nuzulul Quran Beserta Keutamaannya

Pada 17 Ramadan, umat Islam biasanya akan memperingati malam Nuzulul Quran. Malam ini merupakan peristiwa di mana Kitab Suci Al-Quran, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril di Gua Hira.

Pada Ramadan kali ini malam Nuzulul Quran berlangsung pada 27 Maret 2023. Nantinya sepanjang malam umat Muslim dianjurkan untuk melakukan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebab memberikan pahala melimpah dari Allah SWT.

Amalan Nuzulul Quran ini dapat dilakukan hingga saat 17 Ramadan atau 28 Maret 2024. Lalu amalan apa saja yang dianjurkan dilakukan saat malam Nuzulul Quran? Berikut terdapat beberapa amalan yang dianjurkan saat Nuzulul Quran, mengutip NU Online.

doa nuzulul quran arab beserta artinya (pexels)doa nuzulul quran arab beserta artinya (pexels)

1. Membaca Al Quran

Sebab berkaitan dengan turunnya Al Quran, maka membacanya menjadi amalan yang dianjurkan. Umat Muslim dianjurkan untuk membaca Al Quran karena memberikan 5 keutamaan di antaranya sebagai berikut:

Memperoleh pedoman hidup dan petunjuk dari Allah swt

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil) (Al-Baqarah 2:185).

Memperoleh pahala berlipat

Dari Abdullah Ibnu Mas‘ud, Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf (HR At-Tirmidzi : 2835).

Sebaik-baiknya ibadah

Rasulullah Saw bersabda: Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Quran (HR al-Baihaqi).

Memberikan syafaat pada hari kiamat

Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia pada hari Kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya (HR Muslim: 1337).

Membuat jiwa dan pikiran tenteram

Tidaklah suatu kaum berkumpul diantara rumah-rumah Allah sambil membaca Kitabullah, dan saling mempelajari diantara mereka. Kecuali akan turun kepada mereka ketenangan, dan diberikan rahmat serta malaikat akan menaunginya. Dan mereka akan diingat di sisi Allah (HR Muslim : 4867).

2. Memperbanyak i’tikaf

Amalan yang juga dianjurkan saat malan Nuzulul Quran yakni memperbanyak i’tikaf. Melakukan i’tikaf di bulan Ramadan akan memberikan pahala melimpah jika dilakukan.

3. Melaksanakan shalat malam dan berdoa

Amalan lain yang dapat dikerjakan di malam Nuzulul Quran adalah memperbanyak shalat malam dan berdoa. Terdapa5 5 keistimewaan yang dapat diraih bila mengerjakan shalat malam.

  • Shalat malam merupakan shalat yang paling utama setelah shalat maktubah (lima waktu).
  • Memiliki keutamaan layaknya sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia).
  • Menjadi ciri khas orang-orang shalih.
  • Allah membanggakan hambanya yang melakukan shalat tahajud kepada para malaikat.
  • Semua doa kebaikan yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan oleh Allah swt.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #raih #pahala #melimpah #dari #allah #amalan #yang #dianjurkan #dilakukan #saat #nuzulul #quran #beserta #keutamaannya

KOMENTAR