7 Tanda Pria Tulus Mencintaimu Menurut Psikologi, Bagaimana dengan Pasanganmu?
Ilustrasi pasangan (Freepik)
20:18
22 Maret 2024

7 Tanda Pria Tulus Mencintaimu Menurut Psikologi, Bagaimana dengan Pasanganmu?

Menurut psikologi, ada beberapa perilaku dan tindakan yang bisa mengungkap seberapa dalam cinta seorang pria kepadamu.

Namun, harus diingat bahwa cinta adalah emosi yang kompleks serta penting untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan pasangan untuk memastikan hubungan yang sehat dan memuaskan.

Apakah pasanganmu mencintai dirimu secara tulus?

Coba perhatikan, apakah pasanganmu memiliki ciri-ciri berikut?

Simak tanda seorang pria tulus mencintaimu, dikutip dari Hackspirit.com, Jumat (22/3):

1. Kamu Bisa Menjadi Diri Sendiri saat di Dekatnya


Saat masa pendekatan atau PDKT, seseorang kerap kali canggung hingga jaga image atau jaim saat bersama gebetan.

Kendati demikian, hal tersebut tak akan terjadi saat dua orang semakin dekat hingga berpacaran. Hal ini lantaran keduanya lebih tulus satu sama lain sehingga tak lagi fokus untuk menjaga penampilan seperti saat masa PDKT.

Pekerja sosial klinis berlisensi, Darcy Sterling, PhD mengatakan cinta sejati terjadi ketika dua individu bersatu secara autentik dan menciptakan tingkat keamanan yang mendalam satu sama lain.

2. Dia Menerima Kekuranganmu

Dalam menjalin hubungan, tentu harus saling menerima satu sama lain agar hubungan tersebut dapat bertahan lama.

Sejauh mana seorang pria dapat memberimu kelonggaran atas kekuranganmu sering kali berbanding lurus dengan kekuatan perasaannya terhadap dirimu. Dia mengetahui kekurangan maupun kelebihanmu.

"Misalnya saja, saya merasa kesal dengan kesulitan pasangan saya dalam hal teknologi dan ketepatan waktu, namun dalam skema besar kehidupan, rasa frustrasi saya tidak sebanding dengan betapa pentingnya hal-hal tersebut. Kenyataannya, pasangan saya dapat diandalkan secara emosional dan memiliki banyak kualitas baik lainnya yang pada dasarnya jauh lebih penting daripada kemampuan mengelola gadget," tutur Psikolog Alice Boyes.

Jika dia bisa mengabaikan hal-hal kecil dan fokus pada hal-hal yang membuatmu hebat, itu menandakan tanda cinta yang tulus.

3. Dia Terbuka dan Bersedia Bersamamu



Dia berbagi hal tentang dirinya kepadamu yang tidak diketahui semua orang. Hal itu merupakan bagian penting dari ketersediaan emosional.

Penelitian telah menyoroti betapa pentingnya kesiapan hubungan dalam menentukan apakah segala sesuatunya akan berjalan baik.

Terapis berlisensi Ken Page mengatakan meskipun ketertarikan itu penting, ketersediaan pun juga penting.

Tanda-tanda ketersediaan emosional ini antara lain komunikasi yang terbuka dan jujur. Dia transparan tentang perasaan dan pikirannya, bukan hanya yang positif saja.

Selain itu, dia juga bersedia terlibat dalam percakapan sulit denganmu, mengingat cinta sejati tidak selalu berjalan mulus.

4. Dia Berkorban Untukmu

Pria yang benar-benar jatuh cinta tidak hanya mementingkan kebutuhan dan keinginannya yang terpenuhi. Dia tidak egois dan siap mengutamakanmu.

Kamu akan melihat bahwa dia berusaha keras untuk membuatmu bahagia. Terkadang dia menempatkan kebutuhanmu di atas kebutuhannya sendiri.

Dia menghargai waktu berkualitas yang dihabiskan bersama, membuat rencana, dan memprioritaskan hubunganmu di atas hal-hal lain dalam hidupnya.

Rekan penulis 'Sex and Love in Intimate Relationships', Dr. Lisa Firestone mengatakan kita tidak boleh melupakan betapa pentingnya menjadikan cinta sebagai sebuah tindakan.

"Seringkali, kita menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan apa yang pasangan kita rasakan terhadap kita atau bagaimana hubungan tersebut terlihat dari luar. Meskipun dicintai oleh orang lain itu menyenangkan, masing-masing dari kita hanya bisa benar-benar merasakan perasaan cinta kita terhadap orang lain dan bukan perasaan orang itu terhadap kita. Untuk terhubung dan mempertahankan perasaan cinta dalam diri kita, kita harus mengambil tindakan yang penuh cinta. Jika tidak, kita mungkin hidup dalam fantasi," paparnya.

Tak hanya mengutarakan perasaannya, dia juga menunjukkan perilaku yang konsisten.

5. Dia Menghormati



Rasa hormat merupakan hal mendasar dalam sebuah hubungan yang berkualitas untuk menumbuhkan komitmen, keintiman, keterikatan, dan kepuasan.

Hal ini membuat sekelompok peneliti menyimpulkan bahwa:

"Rasa hormat tampaknya menjadi bagian penting dari makna intrinsik hubungan romantis yang dekat."

Rasa hormat dalam suatu hubungan di antaranya memberikan apresiasi; menghormati batasan pasangan; mengungkapkan cinta melalui kata-kata dan tindakan; menghargai pendapat, pikiran, dan perasaan pasangan; serta mengakui kemandirian pasangan.

6. Kamu Merasa Didukung

Cara untuk membuat hubungan menjadi kuat adalah dengan bertahan dan saling memberikan dukungan untuk pasangan.

Hal ini didukung oleh penelitian yang menyoroti manfaat saling mendukung, seperti yang dieksplorasi oleh psikoterapis Douglas LaBier dalam Psychology Today:

"Saling mendukung serta kebersamaan dalam perbedaan dan pengambilan keputusan diperlukan untuk hubungan yang sehat."

Hal ini dapat diwujudkan dengan cara-cara praktis, antara lain dengan mendengarkan pasangan, dengan menyediakan bahu untuk menangis, serta dengan mengatasi masalah secara bersama.



7. Dia Berkomitmen untuk Membangun Masa Depan

Seiring berjalannya waktu, seseorang menemukan betapa kuatnya fondasi cinta yang sebenarnya.

Salah satu cara untuk mengetahui niat pasangan adalah melalui komitmennya terhadap hubungan tersebut, apakah dia merencanakan masa depan bersama atau tidak.

Apabila dia benar-benar mencintaimu, dia akan menginvestasikan waktu dan tenaga dalam hubungan tersebut.

Hal ini terlihat melalui perencanaan jangka panjang dan pembahasan liburan masa depan, tujuan hidup bersama, atau aspirasi keluarga. Sama halnya dengan memperkenalkanmu kepada teman dan keluarganya.

Salah satu cara paling modern untuk menunjukkan komitmennya saat ini menurut pakar hubungan dan pencari jodoh profesional, Michelle Fraley adalah secara online.

"Jika pasanganmu berbagi banyak foto atau cerita yang menyoroti hubunganmu, itu pertanda jelas bahwa dia bahagia, bangga dengan hubunganmu, dan tidak membiarkan peluang untuk hubungan lain, yang merupakan hal-hal penting dalam menciptakan hubungan yang langgeng," jelasnya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #tanda #pria #tulus #mencintaimu #menurut #psikologi #bagaimana #dengan #pasanganmu

KOMENTAR