Waspadai Orang yang Memiliki Karakter Manipulatif, Ini 7 Ciri-cirinya
Ilustrasi: Perilaku manipulatif dapat dilakukan secara sadar atau tidak sadar dengan niat baik atau buruk.
22:06
20 Maret 2024

Waspadai Orang yang Memiliki Karakter Manipulatif, Ini 7 Ciri-cirinya

Hubungan antar manusia dapat dikatakan sebagai hubungan yang kompleks. Sehingga, harus ada batasan agar hubungan tersebut terjalin dengan sehat. Jika muncul masalah, seperti perilaku manipulatif, hal tersebut perlu segera diatasi.

Menurut Very Well Mind yang dikutip oleh JawaPos.com (20/3), perilaku manipulatif digunakan ketika seseorang ingin mempengaruhi orang lain demi keuntungannya. Salah satu tujuannya untuk memperoleh kekuasaan dan kendali.

Meskipun manipulatornya mungkin tidak terlihat, penting mengenali tanda-tanda perilaku manipulatif agar menghentikan perilaku tersebut dan melindungi diri Anda sendiri.

Perilaku manipulatif dapat terjadi dalam hubungan pribadi dan profesional. Seiring berjalannya waktu, menyebabkan ketidakseimbangan kekuasaan yang menyebabkan lebih banyak masalah di kemudian hari.



Meskipun tampaknya tidak berbahaya, hal ini dapat menciptakan hubungan yang melecehkan secara emosional sehingga membuat orang lain merasa bingung, cemas, dan lelah. 

Perilaku manipulatif dapat dilakukan secara sadar atau tidak sadar dengan niat baik atau buruk. Itu adalah sifat manusia, artinya setiap orang pernah melakukan sesuatu yang manipulatif sebelumnya. Taktiknya bisa terang-terangan atau secara halus.

Berikut ini tanda perilaku manipulatif menurut Very Well Mind:



1.   Orang tersebut mengetahui kelemahan Anda dan memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi
 

2.   Meyakinkan seseorang untuk menyerahkan orang atau hal penting dalam hidupnya untuk menciptakan kodependensi (salah satu pihak memiliki kecanduan dalam suatu hubungan).
 

3.   Menyembunyikan kebenaran, berbohong, dan menyalahkan Anda tanpa bertanggung jawab atas tindakannya

4.   Membuat tuduhan yang tidak jelas

5.   Seseorang terus-menerus menghakimi atau mengejek Anda, secara langsung atau secara pribadi, dengan cara yang membuat Anda merasa tidak aman
 

6.   Gaslighting ketika dihadapkan pada suatu masalah
 

7.   Perilaku pasif-agresif saat marah alih-alih mengungkapkan kekhawatirannya secara langsung

Editor: Banu Adikara

Tag:  #waspadai #orang #yang #memiliki #karakter #manipulatif #ciri #cirinya

KOMENTAR