Kenali Watak Melalui Weton Jawa, Berikut Link dan Tafsirannya
Hitungan Weton dalam Kalender Jawa./WalpaperBetter
06:30
20 Maret 2024

Kenali Watak Melalui Weton Jawa, Berikut Link dan Tafsirannya

 

JawaPos.Com - Weton Jawa atau Kalender Jawa merupakan tradisi dan budaya turun-temurun masyarakat Jawa untuk menghitung tanggal hari dan tanggal pasaran untuk mengetahui hari baik sebelum melaksanakan kegiatan atau memutuskan sesuatu.

Bagi masyarakat Jawa, menghitung Neptu Weton adalah keharusan yang tidak boleh terlewatkan agar tidak memperoleh kejadian buruk.

Seperti dalam menentukan kecocokan jodoh, menentukan hari baik untuk pernikahan, menentukan hari untuk membangun rumah, menentukan hari baik untuk bepergian, dan masih banyak lainnya.

Menurut Asli Nuha (2019) dalam jurnal Konsep Perhitungan Weton dalam Pernikahan Perspektif Hukum Islam, setiap orang Jawa pasti memiliki weton. Weton ini berarti Neptu dari hari kelahiran yang sesuai dengan hari pasarannya.

Hari Pasaran dalam Jawa terdiri dari 5 hari, yaitu Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage.

Menurut sejarah leluhur, penyebutan nama 5 hari pasaran tersebut diangkat dari nama 5 roh, Batara Legi, Batara Paing, Batara Pon, Batara Wage, dan Batara Kliwon.

Kelima roh tersebut merupakan bagian pokok dari jiwa manusia yang sudah menjadi suatu pengetahuan dan keyakinan leluhur orang jawa hingga saat ini.

Dilansir dari Primbon.com, adapun jika ingin mengetahui Neptu Weton yang dimiliki ialah dengan lakukan dengan cara ini;

Neptu dari Hari Kelahiran:
Minggu = 5
Senin = 4
Selasa = 3
Rabu = 7
Kamis = 8
Jumat = 6
Sabtu = 9

Neptu dari Hari Pasaran:
Kliwon = 8
Legi = 5
Pahing = 9
Pon=7
Wage = 4

Dari tabel hitungan Jawa tersebut, dapat dilihat bahwa masing-masing hari dan pasaran mempunyai nilai yang berbeda-beda. Kemudian untuk mengetahui Weton ialah dengan menjumlahkan nilai hari dan pasaran.

Misalnya lahir pada Jumat Legi, maka tinggal menjumlahkan neptu hari dan pasaran masing-masing. Jum'at nilainya 6, sedangkan Legi nilainya 5, sehingga 6+ 5 = 11.

Maka weton dari Jum'at Legi adalah 11. Jumlah neptu inilah yang kemudian digunakan sebagai patokan dalam mengetahui watak, kecocokan jodoh, ramalan rezeki, dan lain-lain.

WATAK MENURUT HARI KELAHIRAN

AHAD (5)
Peredaran Matahari: Dikenal sebagai orang yang hatinya terang dan ikhlas dalam segala. Cinta terhadap sesama, suci dan pandai berbicara serta dapat pandai mengambil hati orang tua.

SENIN (4)
Peredaran Bulan: Dikenal sebagai orang yang senang akan kebenaran, ikhlas, cekatan dalam segala hal, serta berpegang teguh terhadap omongannya.

SELASA (3)
Peredaran Api: Dikenal sebagai orang yang senang berbohong dan dibenci orang. Dinilai sering bertentangan, pembosan dan cepat meninggalkan segala hal yang sedang dikerjakan.

RABU (7)
Peredaran Bumi: Kebaikannya orang ini kadang-kadang berlebihan. Dikenal pendiam, namun bicaranya dan jarang memikirkan akibatnya.

KAMIS (8)
Peredaran Angin & Petir: Jodohnya sering meninggal terlebih dahulu, karena bicaranya menakutkan, orang ini menjadi sulit berteman. Selain itu batinnya tidak tulus dan pemarah. Namun, senang pujian dan mudah ditipu dengan kata-kata halus.

JUMAT (6)
Peredaran Bintang: Dinilai sebagai orang yang suka menasehati, suka memberi, senang mencari kepandaian, wataknya halus, suka terhadap sanak saudara, banyak sahabat yang mencintainya.

SABTU (9)
Peredaran Air: Dinilai sering dimusuhi dan ditakuti orang, jarang berteman. Akan tetapi orang ini juga pandai dalam hal ekonomi, semua pekerjaan harus segera dilaksanakan, pekerja keras.

WATAK MENURUT PASARAN KELAHIRAN
KLIWON (8)
(Wisa marta durjana tengah)
Binatang: Kera, Anjing
Watak Kera: Agresif, cerdas, sering bergerak di atas pohon dan air, bahkan setelah diberi makan masih agresif, suka menggertak orang, sulit didekati atau diberi kasih sayang.
Watak Anjing: Setia pada pemiliknya, memiliki nafsu makan besar, sering selamat karena kesetiaannya pada pemiliknya, meskipun makanannya tidak selalu bersih.

LEGI (5)
(Sumendi, ibarat Raja atau Bupati)
Binatang: Kucing, Tikus
Watak Kucing: Cerdas, ramah, sensitif terhadap fitnah, sulit untuk mencurigai kecuali jika ada fitnah, bisa bergaul dengan orang dari berbagai lapisan sosial.
Watak Tikus: Aktif di malam hari, waspada, hati-hati, sering bingung, mengonsumsi sedikit makanan, gigitannya beracun, mampu melakukan tindakan, selalu ingat perbuatan baik dan buruk, intensitas kebahagiannya atau kesengsaraannya besar.

PAHING (9)
(Cendana)
Binatang: Harimau
Watak Harimau: Sering menjauh, suka sendiri, tidur sendiri, jarang makan kecuali jika diurus oleh Raja, memiliki banyak musuh, berpotensi berbahaya jika disalahgunakan, tapi tidak begitu berpengaruh jika ia yang memimpin, senjata yang dimilikinya dijaga baik, kemarahannya dipicu oleh wanita, sering ditipu.

PON (7)
(Somahita, kulon lakuning Nabi)
Binatang: Kambing
Watak Kambing: Senang memberikan nasihat, jarang melakukan perjalanan jauh, makanannya terdiri dari tumbuhan yang menjadi miliknya sendiri, kadang-kadang marah pada pasangan atau keluarganya, terkadang berani dengan pemiliknya tanpa bisa dicegah, memiliki kekayaan sedang, selalu mengikuti nasihatnya, sifatnya damai.

WAGE (4)
(Prabuanom, lor lakuning dandang)
Binatang: Sapi
Watak Sapi: Mudah diatur, mengikuti perintah, perlu diberi makan, ceroboh, mudah marah, kadang-kadang marah besar jika disiplinnya dilanggar, sering melanggar aturan, sedikit mencari makan namun sering melupakan keluarga dan orang tua saat makan, rentan difitnah karena pikirannya tumpul, dan sombong.

Untuk mengetahui detail karakteristik hingga ramalan rezeki dapat mengakses link berikut:
https://www.primbon.com/weton_jawa.htm

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kenali #watak #melalui #weton #jawa #berikut #link #tafsirannya

KOMENTAR