Apakah Menangis di Siang Hari saat Ramadan Bisa Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Buya Yahya
Potret Buya Yahya (Instagram/@buyayahya_albahjah)
20:11
19 Maret 2024

Apakah Menangis di Siang Hari saat Ramadan Bisa Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Buya Yahya

Menangis di siang hari saat Ramadan apakah bisa membatalkan puasa? Pertanyaan ini selalu muncul setiap kali memasuki bulan Ramadan.

Perihal batal tidaknya puasa gara-gara menangis pernah dibahas oleh Buya Yahya dalam salah satu kajiannya. Penjelasan tersebut berawal dari pertanyaan yang datang dari jemaah.

"Saya ingin bertanya mengenai hal-hal yang membatalkan puasa. Apakah menangis atau mengeluarkan air mata itu membatalkan puasa? Bagaimana penjelasan mengenai menangis saat puasa Buya?" tanya salah satu jemaah, dikutip dari YouTube Al Bahjah TV pada Selasa (19/3/2024).

Menanggapi pertanyaan ini, Buya Yahya menyinggung soal hal-hal yang membatalkan puasa. Baru kemudian ia menjelaskan hukumnya menangis ketika puasa.

Menurut penjelasan Buya Yahya, hal-hal yang membatalkan puasa ada sembilan. Dari semua itu tidak ada menangis. Jadi menangis tidak membatalkan puasa seseorang di bulan Ramadan.

Bahkan Buya Yahya mengatakan bahwa puasa tidak akan batal meski menangis seharian. Asalnya, air matanya tidak tertelan ketika menangis. Karena tertelannya air mata bisa membatalkan puasa.

"Yang membatalkan puasa ada sembilan. Di antara sembilan itu tidak ada nangis. Anda nangis seharian penuh enggak akan membatalkan puasa. Syaratnya satu, air matanya jangan diminum," jelas Buya Yahya.

"Kalau nangis, turun air matanya ke mulut dia asin. Lalu diminum, dia batal. Jadi menangis tidak membatalkan puasa. Mohon kembali ke fiqih praktis yang pernah kami hadirkan," imbuhnya.

Lantas, apa saja sembilan hal yang membatalkan puasa? Berikut akan dibahas secara lengkap menurut penjelasan Buya Yahya dalam YouTube Al Bahjah TV:

  1. Memasukkan sesuatu ke dalam lubang yang lima (lubang mulut, lubang hidung, lubang telinga, lubang buang air kecil, dan lubang buang air besar)
  2. Muntah dengan sengaja
  3. Bersenggama meski tanpa keluar air mani
  4. Keluar mani dengan sengaja biarpun tanpa senggama
  5. Nifas
  6. Melahirkan
  7. Haid
  8. Hilang akal (gila/pingsan seharian penuh)
  9. Murtad

Nah, itulah penjelasan terkait hukum menangis ketika puasa di bulan Ramadan serta hal-hal yang membatalkan puasa. Semoga bermanfaat!

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #apakah #menangis #siang #hari #saat #ramadan #bisa #membatalkan #puasa #begini #penjelasan #buya #yahya

KOMENTAR