Bukan dari Penampilan Fisik, 8 Perilaku Ini Dijamin Bikin Kamu Terlihat Lebih Anggun dan Elegan
8 sikap atau perilaku yang dapat membuat Anda terlihat anggun dan elegan. (pexels/Andrea Piacquadio)
20:52
17 Maret 2024

Bukan dari Penampilan Fisik, 8 Perilaku Ini Dijamin Bikin Kamu Terlihat Lebih Anggun dan Elegan

Setiap orang pasti ingin terlihat anggun dan elegan dalam setiap hal. Dan Anda mungkin salah satunya?   Ketika mendengar kata anggun, mungkin kebanyakan orang awam mulai memikirkan tentang penampilan fisik mereka.   Mulai dari make-up yang mereka gunakan, pakaian yang mereka kenakan atau aksesoris yang mereka pasang dibeberapa bagian tubuh untuk mempercantik penampilan mereka.  

  Hal itu tidaklah salah. Namun, ada alternatif lain untuk terlihat anggun dan elegan dengan lebih alami.   Sebelumnya, pahami lebih dulu bahwa keanggunan bisa didapatkan melalui dua hal. Pertama melalui penampilan yang menarik, kedua melalui sikap dan perilaku.   Dalam artikel ini, poin yang akan kita bahas adalah poin kedua. Yakni, mendapatkan keanggunan dari sikap dan perilaku yang kita lakukan.  

  Dilansir dari wikihow.com, Minggu (17/3), setidaknya ada 8 sikap atau perilaku yang dapat membuat Anda terlihat anggun dan elegan.   1. Berbicaralah dengan tata bahasa yang baik   Berbicaralah dengan menggunakan tata bahasa yang tepat, kosakata yang luas, dan pastikan intonasi bicara Anda dapat terdengar dengan jelas. Hal ini akan membuat Anda terlihat berkelas dan elegan.    Jika Anda tidak terbiasa berbicara dengan baik seperti yang seharusnya, mulailah untuk menjadwalkan waktu berlatih Anda. Anda dapat melakukannya di depan cermin sewaktu-waktu.  

  2. Tetaplah tenang dalam segala situasi    Kuncinya jangan terlalu emosional dalam hal apapun! Baik ketika Anda merasa sedih, marah maupun bahagia. Ekspresikan lah perasaan Anda sewajarnya saja.   Ekspresi yang berlebih-lebihan ini akan menghilangkan semua keanggunan Anda dalam sekejap.    Sebaliknya, bersikaplah tenang dan santai. Tarik napas dan lakukan sesuatu yang akan membuatmu lebih tenang secara perlahan.   

  Jika Anda merasa tidak dapat tenang meski sudah berusaha, permisi dan pergilah ke suatu tempat yang privat sampai Anda merasa tenang.   3. Bersikaplah seolah-olah Anda tidak peduli   Diluar, bersikaplah seolah-olah Anda tidak peduli. Hal ini akan membuat Anda tampak lebih berkelas dan elegan.    Sebaliknya, jika Anda bersikap terlalu bersemangat atau antusias, hal itu secara tidak sadar dapat membuat Anda tampak seperti anak kecil dan tidak dewasa.  

  4. Bersikaplah sopan kepada semua orang yang Anda temui   Bersikaplah sopan tanpa pandang bulu, hindarilah bersikap pasif-agresif atau sarkastik.    Perlakukan semua orang seolah-olah mereka adalah kerabat dekat Anda. Cobalah untuk tersenyum dan melakukan kontak mata selama percakapan berlangsung.   5. Jaga postur tubuh Anda agar tetap anggun dan berlatihlah   Berjalanlah seperti seorang supermodel di mana pun Anda berada. Berhati-hatilah agar Anda tidak terjatuh atau tersandung saat berjalan dengan sepatu hak tinggi.   

  Berlatihlah berjalan dengan sepatu hak tinggi, misalanya dengan naik dan turun tangga. Latihlah juga gerakan tangan dan kaki Anda di cermin. Hal itu bisa meningkatkan keanggunan Anda.   6. Percaya diri   Selain itu, bertindaklah dengan penuh percaya diri. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda cantik, cerdas, dan Anda tahu apa yang Anda lakukan.   Tunjukkan rasa percaya diri kepada orang lain dengan tidak terus-menerus meminta maaf, karena mengejar hal-hal yang Anda inginkan, meskipun itu tidak populer.  

  7. Berperilaku baik   Berlatihlah untuk memiliki perilaku yang baik. Jangan pernah bersendawa atau kentut di depan umum.    Bukakan pintu untuk orang lain dan tunggu giliran Anda untuk dilayani. Berkendara dengan benar.    Dan yang terakhir, selalu perhatikan cara Anda menyantap hidangan. Makanlah tanpa membuat kekacauan atau hal menjijikkan di atas meja makan.  

  8. Jadilah cerdas   Hindarilah bertindak seolah-olah Anda tahu tentang segala hal. Jangan bertindak atau membicarakan hal yang tidak Anda ketahui. Sebab, hal itu akan membuat Anda terlihat bodoh.   Bicarakan topik yang benar-benar Anda ketahui atau katakan bahwa Anda tidak tahu banyak tentang topik yang memang tidak Anda ketahui. Kejujuran Anda ini akan sangat dihargai.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #bukan #dari #penampilan #fisik #perilaku #dijamin #bikin #kamu #terlihat #lebih #anggun #elegan

KOMENTAR