Restoran Cepat Saji Ini Raih Sertifikat Halal Sepanjang Masa Pertama
Burger McDonald's. (dok. McDonald's)
09:12
15 Maret 2024

Restoran Cepat Saji Ini Raih Sertifikat Halal Sepanjang Masa Pertama

McDonald's (McD) Indonesia jadi restoran cepat saji pertama yang menerima sertifikat halal sepanjang masa dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Pemberian sertifikat halal ini dilakukan setelah sebelumnya McD mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) 1994. Ditambah, restoran ini juga secara konsisten terus melakukan pembaruan Sertifikat Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI setiap 4 tahun sekali.

Direktur Supply Chain & QA PT Rekso Nasional Food, Ronni Rombe, mengatakan bahwa penerimaan sertifikat halal sepanjang masa ini dilakukan untuk memastikan keseluruhan proses penyediaan menu ke konsumen telah sesuai dengan standar halal dan prinsip halalan thayyiban, yakni halal dan baik.

“Sebagai perusahaan lokal pemegang waralaba yang mengembangkan jaringan McDonald’s di Indonesia, kami memahami pasar Indonesia dengan sangat baik. Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, maka menghadirkan menu dan memastikan penyediaan makanan dengan proses halal dalah hal penting bagi kami. Komitmen ini telah dilakukan," ujar Ronni di Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Pengajuan sertifikat halal sepanjang masa ini juga sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-undang.

Adapun yang dimaksud sertifikat halal sepanjang masa yaitu menu halal yang disajikan berlaku selamanya, dengan syarat selama tidak ada perubahan proses produksi dan komposisi bahan atau proses produk.

Sedangkan, kata Roni, di bidang sumber daya manusia, McDonald’s Indonesia menjaga komitmen ini dengan memilih perwakilan untuk melakukan training langsung di lembaga pelatihan halal Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC).

"Perwakilan McDonald’s Indonesia ini selanjutnya harus mengikuti pelatihan dan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat pelatihan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) dan sertifikat kompetensi," kata Roni.

Setelah perwakilan McD telah lulus sertifikasi, yaitu tim penyelia halal, selanjutnya perwakilan tersebut melakukan sosialisasi secara menyeluruh ke 318 restoran McDonald’s yang tersebar di seluruh Indonesia.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #restoran #cepat #saji #raih #sertifikat #halal #sepanjang #masa #pertama

KOMENTAR