Manfaatkan Momen Ramadan, Ini Tips UMKM Mendongkrak Penjualan Online
Ilustrasi UMKM Mendongkrak Penjualan Online. (Pexels)
09:46
7 Maret 2024

Manfaatkan Momen Ramadan, Ini Tips UMKM Mendongkrak Penjualan Online

Di bulan Ramadan, biasanya masyarakat akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk berbelanja berbagai keperluan dalam menjalankan ibadah puasa dan juga menyambut lebaran. Momen ini pun dimanfaatkan oleh para penjual, khususnya UMKM, untuk meningkatkan pendapatan.

Inilah saatnya bagi para UMKM untuk memanfaatkan platform penjualan online yang dapat membantu memaksimalkan memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia.

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan penjualan agar bisa mendapatkan keuntungan selama bulan Ramadan ini?

Berikut terdapat beberapa tips buat para UMKM dalam memaksimalkan penjualan secara online di bulan Ramadan, dikutip dari keterangan tertulis Tokopedia.

1. Menjaga stok barang

Untuk mendapatkan penghasilannya maksimal, siapkanlah stok barang yang mencukupi selama bulan Ramadan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemesanan.

2. Dekorasi halaman toko online

Meski berjualan secara online, toko tetap bisa didesain menarik untuk memikat calon pembeli. Platform penjualan online memiliki fitur untuk mendekorasi toko, misal dengan menggunakan banner promosi sehingga calon pembeli akan tertarik untuk mengunjungi dan melihat produknya.

3. Promosi

Para pembeli biasanya akan mencari berbagai promosi selama bulan Ramadan. Oleh sebab itu, penjual harus bisa memberikan berbagai promosi menarik. Misal dengan kupon, voucher cashback, bebas ongkir, flash sale, dan berbagai lainnya.

4. Gunakan tren video pendek dan siaran langsung

Coba gunakan fitur video pendek yang saat ini sedang tren. Cara ini dapat memperlihatkan produk secara jelas sehingga para pembeli semakin tertarik. Di sisi lain, melakukan siaran langsung akan membuat para calon pembeli mendapat informasi produk secara jelas sehingga semakin yakin terhadap barang tersebut.

5. Evaluasi

Selalu lakukan evaluasi toko selama Ramadan berlangsung. Platform penjualan online biasanya memiliki fitur untuk mengevaluasi penghasilan toko. Di sini penjual bisa meninjau jumlah kunjungan, produk yang laris, belum terjual, ulasan, dan lain-lain. Jadikan hal ini sebagai pertimbangan penjual untuk mengetahui apakah strategi yang dilakukan sudah berhasil atau belum.

Terkait penjualan menjelang bulan Ramadan tahun ini, Merchant Marketing Lead Tokopedia, Annabel, mengatakan bahwa produk yang paling banyak dicari cukup beragam. Beberapa produk yang paling banyak diburu di antaranya makanan dan minuman, kecantikan, perawatan tubuh, otomotif, rumah tangga, dan fashion.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #manfaatkan #momen #ramadan #tips #umkm #mendongkrak #penjualan #online

KOMENTAR