Punya Masalah Hipotensi? Simak 6 Makanan yang Aman dan Sehat Untuk Dikonsumsi
Ilustrasi hipotensi atau hipertensi untuk memeriksa tekanan darah seseorang./ (freepik)
06:36
7 Maret 2024

Punya Masalah Hipotensi? Simak 6 Makanan yang Aman dan Sehat Untuk Dikonsumsi

 

 

 - Hipotensi atau tekanan darah rendah, umunya lebih jarang terjadi dibandingkan dengan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Meskipun jarang terjadi, hipotensi bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan. Sebab, jika tekanan darah menjadi rendah, maka tubuh bisa tidak sehat dan mengalami penyakit.

Karena tekanan darah adalah kekuatan aliran darah dari jantung melalui arteri dan aliran darah yang konstan ini membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi untuk menjaga tubuh tetap berkembang.

Tingkat tekanan darah harus berada dalam tingkat normal, tidak boleh terlalu tinggi atau rendah, dan jika salah satu dari keduanya terjadi maka harus cepat-cepat diatasi.

Namun, untuk mengatasi hipotensi, selain dengan obat-obatan kalian juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membuat hipotensi teratasi secara alami dan cepat.

Karena hal itu, melansir dari EatingWell, Kamis (7/3), kami akan berikan beberapa daftar makanan yang dapat mengatasi tekanan darah rendah.

  1. Kacang kalengan

Terkadang saat membuka dan mengolah kacang kalengan, kita terbiasa untuk mencucinya dengan air sampai bersih yang membuat kandungan sodium didalamnya menurun sebanyak 40%.

Namun bagi penderita hipotensi, kalian tidak perlu melakukannya dan masih bisa menuai manfaat dari kacang kalengan tersebut.

Kacang kalengan memiliki banyak manfaat, seperti protein nabati, serat makanan, potasium, zat besi, karbohidrat, elektrolit seperti natrium dan kalium, dan sodium yang didapat dari satu porsi kacang kalengan adalah 450 miligram.

  1. Tuna kalengan

Tuna kalengan menawarkan kandungan sodium sebanyak 648 5 kaleng per-porsi, vitamin B12, folat, dan asam lemak Omega-3.

Jika tidak mendapatkan asupan dari semua itu, maka anda akan menderita anemia megaloblastik yang membuat sel darah merah menjadi sangat besar namun tidak berkembang sempurna.

Dengan mengonsumsi sodium, vitamin B12, folat, dan asam lemak Omega-3 yang cukup, maka tekanan darah rendah sekaligus kesehatan kognitif dapat teratasi dengan baik.

  1. Keju Cottage

Sebanyak 2 persen lemak dari keju cottage memberikan natrium sebanyak 321 mg dan membuatnya cocok sebagai cemilan terbaik untuk tubuh.

Lalu, untuk mendapatkan nutrisi lebih dari tiap gigitan (dan sedikit lebih banyak natrium), tambahkan beberapa buah-buahan kaya antioksidan seperti blueberry, lemak yang menyehatkan jantung, dan kacang-kacangan.

  1. Sereal yang difortifikasi

Makanan seperti sereal yang difortifikasi mengandung vitamin B12 dan folat yang dapat menjaga kesehatan tekanan darah karena nutrisinya yang banyak.

Serta saat menikmati sereal pagi hari yang mengandung gula tambahan yang tinggi. Karena jika memakannya, maka akan membuat gula darah naik dan turun secara drastis.

Meskipun sereal yang difortikasi tidak menyediakan sumber sodium yang banyak, karena mereka hanya mengandung sebanyak 140 mg saja, mereka tetap bisa dijadikan sebagai pilihan bagus dalam mendapatkan nutrisi.

  1. Zaitun

Lemak tak jenuh yang berada pada buah zaitun memiliki antioksidan yang berasal dari vitamin E dan satu porsi-nya menyediakan sodium sebanyak 530 mg.

Tak hanya itu, menggabungkannya pada makanan rendah sodium lainnya seperti protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran adalah pilihan tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan pada jantung juga.

  1. Kacang asin panggang

Penelitian yang dilakukan selama puluhan tahun pada kacang, terutama kacang asin panggang, telah membuktikan bahwa  memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan jantung karena kacang-kacangan adalah makanan lezat dan bergizi tinggi dan nyaman untuk dikunyah.

Menurut USDA, satu porsi pistachio panggang asin 1 ons mengandung 120 mg natrium. Meskipun jumlah natrium ini tidak dianggap tinggi, namun memiliki banyak jenis natrium yang sedikit asin atau tanpa garam yang dapat dipilih oleh mereka yang memiliki tekanan darah normal atau hipertensi.

Selain itu, bagi mereka yang menderita hipotensi, akan sangat mudah untuk mereka menemukan sekantong kacang asin untuk dijadikan cemilan di sebagian besar pasar dan mesin penjual otomatis.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #punya #masalah #hipotensi #simak #makanan #yang #aman #sehat #untuk #dikonsumsi

KOMENTAR