Profil Pesantren Daarul Quran, Ponpes Milik Ustaz Yusuf Mansur yang Dituding Jadi Lokasi Perundungan Santri
Ustaz Yusuf Mansur (Twitter)
10:00
1 Maret 2024

Profil Pesantren Daarul Quran, Ponpes Milik Ustaz Yusuf Mansur yang Dituding Jadi Lokasi Perundungan Santri

Pondok pesantren miliki Ustaz Yusuf Mansur, Pesantren Tahfizh Daarul Quran diisukan menjadi lokasi perundungan santri hingga tewas. Informasi ini didapat dari pemberitaan yang sempat dimuat pada 2022 lalu.

Melihat adanya hal itu, Ustaz Yusuf Mansur memberikan klarifikasi atas kabar tidak benar tersebut. Ia menyangkal kalau tidak ada kasus perundungan yang membuat santri di pesantren miliknya itu meninggal dunia.

"Ga bener. Alhamdulillah. Dan ini sekaligus jadi pemberitahuan ke media bersangkutan. Makasih ya," tulisnya dalam caption, Rabu (28/2/2024).

Rupanya, kasus peruntungan itu diketahui terjadi di di Pondok Pesantren Daarul Quran Lantaburo, Tangerang. Namun,  sebab berita tersebut, membuat pesantren miliknya ikut disorot. Apalagi, pesantren itu juga dimiliki oleh Ustaz Yusuf Mansur.

Profil Pesantren Daarul Qur’an

Pesantren yang terletak di kawasan Cipondoh ini sendiri diketahui dibangun oleh Ustaz Yusuf Mansur dengan tujuan bertujuan untuk membibit para penghafal Al-Quran di seluruh Indonesia.

Pada 2005 Ustadz Yusuf Mansur melalui Yayasan Daarul Qur'an Indonesia yang dibentuknya meminta izin ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk anak-anak bisa belajar tidak ke luar tapi di dalam pesantren.

Setelah itu, lahirlah pesantrennya itu mengaudisi 20 santri dan mendapat 8 santri untuk tahun pertama. Sementara untuk tahun kedua 20 santri. Jumlah santrinya itu juga terus bertambah hingga saat ini.

Program pendidikan yang disediakan di pesantren ini juga beragam. Pembagian pendidikannya di antaranya sebagai berikut:

  • Fullday: Pendidikan Formal jenjang PAUD, KBTK dan SD untuk anak usia 3 Bulan - 12 Tahun.
  • Shigor: Pendidikan berbasis pesantren untuk anak usia 6 - 12 tahun atau setingkat SD untuk mencetak penghafal Al Quran sejak dini.
  • Kibar: Pendidikan berbasis pesantren jenjang SMP – SMA.
  • Tahfizh Camp: Program menghafal quran dalam jenjang waktu tertentu.
  • Mu’adalah: Pendidikan dengan kurikulum khas pesantren.

Selain itu, di tahun 2015, Daarul Qur'an terpilih sebagai lembaga tahfizh terbaik di dunia oleh Lembaga Tahfizh Internasional. Sebab hal itu, Pesantren Daarul Qur'an sudah menelurkan ribuan alumni yang tersebar di berbagai perguruan tinggi, baik dalam atau luar negeri, maupun yang berkiprah menjadi seorang profesional. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #profil #pesantren #daarul #quran #ponpes #milik #ustaz #yusuf #mansur #yang #dituding #jadi #lokasi #perundungan #santri

KOMENTAR