3 Hal Unik dari Seorang INTJ, Tipe Kepribadian Intelek yang Berhati Dingin
Ilustrasi seorang INTJ. (pexels/Andrea Piacquadio)
19:20
29 Pebruari 2024

3 Hal Unik dari Seorang INTJ, Tipe Kepribadian Intelek yang Berhati Dingin

 INTJ (Introversion, Intuition, Thinking, Judgement) merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI.   Orang-orang tipe ini terkenal sangat cerdas dan intelek. Mereka tergolong introvert yang dominan dan visioner daripada yang lainnya.   Diluar sifatnya yang perfeksionis, INTJ memiliki hal lainnya yang amat luar biasa, aneh, ganjil, bahkan fantastis.  

  Sifat-sifat unik ini mungkin tidak pernah disadari oleh sebagai orang yang berteman dengan tipe INTJ.   Lalu, apa sajakah sifat unik dan menakjubkan dari seorang INTJ?   Dilansir dari psychologyjunkie.com, berikut 3 sifat unik dan menakjubkan bahkan bisa dibilang aneh dari seorang INTJ yang tak banyak diketahui orang-orang.  

  1. Meski terkesan rasionalis, INTJ sebenarnya sangat misterius   INTJ sangat menjunjung tinggi logika dan objektivitas. Dalam mengambil keputusan, mereka cenderung memercayai fakta, data, dan kebenaran yang terbukti.   Meski begitu, kelebihan dominan mereka ternyata bukanlah fakta dan data konkret yang mereka miliki. Melainkan intuisi Introvert yang sangat misterius.   Saat bekerja atau melakukan sesuatu, mereka juga seringkali berpikir diluar nalar dan realitas yang konkret dan nyata.  

  INTJ terkadang mendapatkan pencerahan atau "firasat" secara tiba-tiba. Hal itu terkadang membuat mereka kesulitan untuk menjelaskan mengapa mereka mempercayai suatu hal dengan begitu yakin.   Hal ini juga ternyata sempat disinggung dalam Building Blocks of Personality Type. Disana tertulis, INFJul ungkin mendapatkan wawasan dari cara yang tak masuk akan bagi orang awam.   Firasat ini terkadang membuat mereka begitu tampak ajaib dan membingungkan bagi orang lain. Keakuratan wawasan diluar nalar mereka sangat luar biasa dan bahkan sangat menakjubkan.  

  2. Meski terlihat dingin dan cuek, INTJ sebenarnya memiliki rasa empati yang tinggi   Label "dingin dan robotik" sangat erat kaitannya dengan seorang INTJ. Sayangnya, orang-orang awam tak tahu bahwa sebenarnya INTJ memiliki perasaan Introvert (Fi) tersier.   Saat INTJ mencapai usia 20-an keatas, mereka mulai mengembangkan rasa individualitas yang lebih kuat, dan kode moral pribadi. Selain itu, mereka juga mengembangkan rasa empatinya terhadap orang lain.   Sebagai introvert yang intuitif, INTJ sangat terampil dalam melihat berbagai hal dari berbagai perspektif dan sudut pandang mereka.  

  Hal inilah yang akhirnya membuat seorang INTJ memiliki sifat empati yang tinggi daripada yang selama ini mereka tunjukkan dan orang lain lihat.   3. INTJ berpikir dan mengutarakan sesuatu dengan perumpamaan   INTJ cenderung mengekspresikan diri mereka dengan menggunakan banyak kalimat metafora dan perumpamaan daripada bahasa yang konkret dan gamblang.   Meski begitu, orang-orang tipe INTJ tetap memadukan hal tersebut dengan pemikiran rasional dan berdasarkan fakta.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #unik #dari #seorang #intj #tipe #kepribadian #intelek #yang #berhati #dingin

KOMENTAR