Lakukan 6 Kebiasaan Ini Agar Mencegah Kolagen pada Kulit Berkurang!
Ilustrasi perempuan ./ (Freepik)
04:40
26 Oktober 2024

Lakukan 6 Kebiasaan Ini Agar Mencegah Kolagen pada Kulit Berkurang!

Dimulai dari umur 25 dan 30 tahun kolagen pada manusia akan berkurang pada setiap tahunnya dan proses ini akan semakin cepat apabila umur manusia mencapai pada 40 tahun.

Dilansir dari Vogue,in Dr. Virtudes Ruiz dan Maria Vicente menjelaskan bahwa setiap manusia tidak sadar bahwa sejak usia 24 tahun ke atas penuaan internal sedang terjadi pada diri manusia.

Penuaan tersebut juga tergantung pada genetika dan jenis kulit setiap orang. Genetika memainkan peran 25% pada proses penuaan yang terjadi dan sisanya adalah epigenetika atau dengan kata lain yakni kebiasaan dan habitat.

Kolagen sendiri merupakan protein yang paling banyak pada manusia dan diproduksi oleh sel yang disebut fibroblas dan berfungsi untuk menciptakan dan memelihara struktur jaringan hidup jelas Dr. Mar Mira.

Pengurangan kolagen pada kulit dapat dilakukan dengan membangun kebiasaan yang baik pada diri sendiri yakni seperti:

1. Kurangi Paparan SInar Matahari

“Radiasi ultraviolet mempengaruhi produksi kolagen di kulit, karena oksidasi yang dihasilkan oleh sinar UV menyebabkan kerusakan kolagen yang cepat dan menurunkan produksinya,” kata pakar dari Clinica Mira + Cueto.

Maka dari itu salah satu cara yang baik adalah menggunakan SPF setiap hari, terlebih lagi apabila anda ingin pergi keluar ruangan pada siang hari.

2. Infus Teh Hijau dan Jahe

Sangat direkomendasikan oleh pakar agar mengkonsumsi antioksidan dan antiradang seperti infus teh hijau dan jahe.

3. Makanan Kaya Akan Kolagen

Kolagen dapat ditemukan pada makanan berikut, yakni:

Daging (ayam, kalkun, babi)

Ikan tuna dan salmon

Produk susu

Kacang-kacangan

Makanan kaya vitamin C (tomat, stroberi, jeruk, dll)

4. Kurangi Konsumsi Gula dan Lemak

Makan makanan olahan yang mengandung lemak dan gula dapat mempengaruhi produksi kolagen dan elastin, terlebih lagi karena mereka memiliki kualitas protein yang rendah.

5. Hindari Kurangnya Hidrasi

Tidak hanya melalui produk skincare hidrasi kulit dapat terjadi apabila seseorang kekurangan air. sel-sel manusia membutuhkan air untuk meregenerasi dan menghilangkan racun.

Maka dari itu selain menggunakan produk perawatan wajah untuk menjaga hidrasi kulit, diperlukan mengkonsumsi air yang cukup setiap harinya.

6. Hindari Rokok dan Alkohol

Sudah jelas rokok dan alkohol memiliki dampak negatif pada kulit, mereka dapat merusak serat kolagen dan juga mempengaruhi retensi cairan, oksigenasi, dan nutrisi pada sel

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #lakukan #kebiasaan #agar #mencegah #kolagen #pada #kulit #berkurang

KOMENTAR