5 Minuman Ini Dapat Menyebabkan Munculnya Jerawat Wajah, Apa Saja?
5 minuman yang dapat menyebabkan munculnya jerawat wajah (Freepik)
16:10
25 Oktober 2024

5 Minuman Ini Dapat Menyebabkan Munculnya Jerawat Wajah, Apa Saja?

- Anda sering membeli minuman sembarangan? Hal ini harus diperhatikan, sebab beberapa minuman dapat menyebabkan munculnya jerawat. Mengapa demikian?

Kemungkinan minuman yang Anda beli memiliki kandungan gula olahan atau karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan indeks glikemik darah Anda.

Sehingga kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu keseimbangan hormon dan meningkatkan produksi minyak, yang menyebabkan jerawat.

Dilansir dari laman skinkraf.com oleh JawaPos.com, Jumat (25/7) berikut ini 5 minuman yang harus Anda hindari jika tidak ingin kulit Anda berjerawat, simak apa saja:

1. Minuman berkarbonasi
Jauhi semua minuman berkarbonasi seperti cola, soda, atau bahkan air berkarbonasi. Kebanyakan minuman tersebut tidak hanya mengandung gula yang tinggi tetapi juga meningkatkan nafsu makan, sehingga kadar gula Anda akan tinggi. Jadi, jika Anda ingin hidup bebas jerawat, jauhi minuman bersoda.

2. Minuman beralkohol
Alkohol menyebabkan dehidrasi dalam tubuh Anda. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat membuat kulit Anda dehidrasi, yang melemahkan sistem pelindung kulit Anda sehingga menjadi sasaran empuk bagi kuman penyebab jerawat.

Alkohol juga dapat memicu peradangan yang dapat memicu timbulnya jerawat. Minumlah secukupnya, hindari semua jenis anggur dan koktail untuk melindungi kulit Anda dari jerawat.

3. Kopi
Kafein dalam kopi mengganggu tidur Anda dan juga mengubah kadar kortisol dalam darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan stres dan membuat Anda berjerawat.

Lebih parahnya lagi, banyak orang menambahkan banyak krim dan gula dalam kopi mereka yang justru memperburuk kondisi jerawat.

Kopi juga memiliki efek diuretik, yang berarti membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan dehidrasi.

Banyak minuman berenergi juga mengandung kafein dan karenanya harus dihindari karena alasan-alasan yang disebutkan di atas.

4. Minuman kemasan
Minuman ini juga mengandung gula olahan yang tinggi yang akan menyebabkan kulit Anda berjerawat jika Anda sudah rentan berjerawat.

Pilih minuman atau jus segar buatan sendiri untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral, tanpa karbohidrat yang buruk.

5. Susu
Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang sudah dikonsumsi sebagian besar dari kita sejak kecil. Namun, susu sapi dapat memperburuk masalah jerawat Anda, terutama jika Anda tidak dapat mencerna laktosa dengan baik.

Susu dapat mengandung antibiotik dan hormon yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi sebum.

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba pilihan susu nabati non-susu seperti susu almond atau susu beras merah. Dengan begitu, Anda dapat merasakan cita rasa susu tanpa memperparah jerawat Anda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #minuman #dapat #menyebabkan #munculnya #jerawat #wajah #saja

KOMENTAR